Atasi Stunting, Program Dapur Sehat Diluncurkan di Batanghari


Kamis, 01 Desember 2022 - 05:24:57 WIB
Atasi Stunting, Program Dapur Sehat Diluncurkan di Batanghari Foto: Antara

RIAUIN.COM - Asisten I Setda Kabupaten Batanghari, M Rifa'i mewakili Bupati MM Fadhil Arief,  membuka Talk Show BKKBN Program Bangga Kencana sekaligus launching Dapur Sehat Atasi Stunting ( DASHAT ) Kabupaten Batanghari,  Rabu (30/11).

"Kegiatan ini dapat diartikan sebagai kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga beresiko stunting, melalui pemanfaatan sumber daya lokal ,termasuk bahan pangan lokal,  yang dapat dipadukan dengan sumber daya/kontribusi dari mitra lainnya," kata M. Rifa'i di Muara Bulian dikutip dari antara.

Dalam upaya mempercepat penurunan stunting, perlu adanya sinergitas dan kolaborasi serta kombinasi kebijakan antara pemerintah pusat melalui program kegiatan di kementerian dan lembaga dengan pemerintah daerah melalui perangkat daerah dan lintas sektor bersama-sama dengan elemen masyarakat.

Ia  juga menjelaskan, salah satu upaya perbaikan gizi adalah melalui edukasi dan perbaikan konsumsi pangan ibu hamil ibu menyusui dan balita dari berbagai pangan yang tersedia, bergizi dan terjangkau dengan cita rasa yang sesuai dengan selera masyarakat kita.

Kabupaten Batanghari kaya sumber daya pangan yang diproduksi, diperjualbelikan dan tersedia di wilayah desa  yang sering disebut sebagai pangan lokal daerah.

Oleh sebab itu,  ke depan Batanghari dengan adanya kegiatan DASHAT, selain akan terpenuhinya kebutuhan gizi anak stunting, ibu hamil dan ibu menyusui serta keluarga beresiko stunting juga diperolehnya pengetahuan dan keterampilan penyiapan program sehat dan bergizi berbasis sumber daya lokal.

Selain itu  dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui keterlibatannya dalam kelompok usaha keluarga ataupun masyarakat yang berkelanjutan. (*)