Longsor, Rumah Warga di Koto Kombu Nyaris Nyungsep ke Sungai


Selasa, 29 November 2022 - 14:19:39 WIB
Longsor, Rumah Warga di Koto Kombu Nyaris Nyungsep ke Sungai Longsor di Koto Kombu

RIAUIN.COM- Sejak setahun yang lalu, tebing Sungai Ulo di Desa Koto Kombu tergerus sungai. Sehingga tebing itu perlahan lahan longsor.

Longsor kembali terjadi, Senin di nihari (29/11/2022), salahsatu rumah warga Nurbaidah yang berada tak jauh dari bibir sungai  nyaris nyungsep dibawa longsor.

Kepala Desa Koto Kombu Firdaus saat ditemui Selasa pagi membenarkan peristiwa tersebut. Kata Firdaus, rumah warganya nyaris saja nyungsep ke sungai karena tebing terus mengalami abrasi.

"Hanya tinggal sekitar 2 meter lagi menjelang sampai ke rumah warga.  Dan ini sangat mengkhawatirkan penghuni rumah, karena bisa saja longsor terjadi lagi saat warga terlelap tidur," ujar Firdaus.

Oleh karena itu, Kades Koto Kombu itu berpesan kepada pemilik rumah agar mengungsi dulu kerumah keluarga yang lain guna untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

"Kalau bisa numpang dulu ke tetangga sekitar, karena kita gak tau bisa saja longsor terjadi lagi pada malam hari," pesannya kepada pemilik rumah saat meninjau ke lokasi tadi pagi.

Atas kejadian tersebut, Camat Hulu Kuantan Zamri dan Kapolsek AKP Johari terlihat bersama Kades Koro Kombu meninjau langsung lokasi kejadian.

Selain itu juga turut hadir Anggota DPRD Kuansing Fraksi PDIP Satria Mandala Putra (Adek) turun ke lokasi. Adek mengharapkan agar Kades Koto Kombu segera memasukan usulan perbaikan agar turaf penahan tebing itu dibangun.

"Pak kades tolong usulkan, agar ini kami masukan dalam pandangan umum fraksi," ucap Adek 

Adek mengaku akan memperjuangkan aspirasi tersebut. Karena hal ini menyangkut keselamatan warga. -hen