Hampir 2 Tahun Menjabat, Bupati Alfedri Belum Sandang Gelar Datuk Setia Amanah dari LAMR Siak


Senin, 28 November 2022 - 16:54:26 WIB
Hampir 2 Tahun Menjabat, Bupati Alfedri Belum Sandang Gelar Datuk Setia Amanah dari LAMR Siak Nazir Katan (pakai peci putih).

RIAUIN.COM - Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Siak Nazir Katan mengaku, sampai saat ini pengurus LAMR Siak belum pernah memberikan gelar kehormatan kepada Bupati Siak Alfedri sebagai Datuk Setia Amanah dan Wakil Bupati Husni Merza sebagai Timbalan Datuk Setia Amanah.

Padahal, Alfedri-Husni resmi menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Siak sejak bulan Juni 2021, atau hampir dua tahun sejak dilantik Gubernur Riau, Syamsuar.

"Sudah berapa kali kita ajukan ke pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk acara penebalan Datuk Setia Amanah ini, tapi sampai sekarang belum ditanggapi," kata Nazir menjawab Riauin.com, Senin (28/11/2022).

Kendati demikian, lanjut Nazir, pihaknya terus melakukan komunikasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Siak untuk membahas rencana kegiatan upacara adat penebalan Bupati Alfedri sebagai Datuk Setia Amanah.

"Iya, seharusnya bulan November ini acara penebalan-nya, tapi ditunda lagi. Kalau kita dari pihak LAMR Siak hanya menunggu saja, pemerintah daerah yang menetapkan waktunya. Nanti malam kita mau rapat lagi  membahas hal ini," jelasnya.

Dibanding dengan daerah-daerah lain di Provinsi Riau, lanjut Nazir, diakuinya Siak jauh terlambat. Sebab, biasanya penebalan itu dilakukan LAMR di daerah-daerah, beberapa bulan setelah Bupati dan Wakil Bupati terpilih dilantik.

"Kalau dibandingkan dengan Bengkalis atau Pelalawan, mereka langsung menyiapkan upacara penebalan, sebulan setelah Bupati dan Wakil Bupati mereka resmi dilantik. Kalau kita sudah mau masuk tahun politik, baru sekarang mulai sibuk-sibuk menyiapkan upacara adat ini," pungkasnya.(nal)