PLT Bupati Kuansing dengan Sekda Mulai Tak Sejalan, Suhardiman: Itu Isu, Biasa


Kamis, 24 November 2022 - 15:03:29 WIB
PLT Bupati Kuansing dengan Sekda Mulai Tak Sejalan, Suhardiman: Itu Isu, Biasa PLT Bupati Kuansing Suhardiman Amby dan Sekda Dedi Sambudi

RIAUIN.COM- PLT Bupati Kuansing Drs Suhardiman Amby dengan Sekda Dedi Sambudi dikabarkan kurang harmonis. Hubungan mereka berdua mulai renggang pasca pemberhentian Dedi Sambudi dari PLT Kadis PUPR.

PLT Bupati telah mengangkat Pebri Mahmud sejak tanggal 7 November 2022 selaku PLT Kadis PUPR menggantikan Dedi Sambudi.

Isu tersebut bahkan telah menjadi pembicaraan publik. Ditambah lagi beredar surat penunjukan Samsir Alam dan Maisir untuk mewakili Sekda Kuansing saat hearing pembahasan APBD Murni 2023.

Dengan beredarnya surat itu, menambah keyakinan publik bahwa hubungan antara PLT Bupati Kuansing dan Sekda Dedi tidak lagi sejalan.

Surat bernomor 900/SETDA-UM)1505 yang ditujukan oleh PLT Bupati kepada pimpinan DPRD pada tanggal 7 November 2022 menerangkan bahwa Ir Maisir Asisten II Setda Kuansing dan Ir Samsir Alam Kepala Bappeda untuk dan atas nama Pemerintahan Kabupaten Kuansing diberikan tugas mewakili Tim Anggaran Pemerintahan Daerah (TAPD), menghadiri rapat Banggar serta kepada keduanya diberi kewenangan untuk mengambil keputusan.

Melihat kondisi normalnya, Sekda merupakan ketua TAPD. Sekda sebenarnya yang berwenang dan memberi keputusan saat rapat Banggar pembahasan di DPRD.

Menanggapi hal tersebut, PLT Bupati Drs Suhardiman Amby ketika dikonfirmasi Riauin.com, Kamis (25/11/2022) via WhatsApp membantah jika hubungan mereka berdua telah retak.

"Isu itu. Biasa tuh, kata Suhardiman.

Dijelaskannya, penunjukan Ir Maisir dan Ir Samsir Alam, kata PLT Bupati, karena kemarin itu Kuansing kedatangan banyak tamu saat acara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). Dan Sekda Dedi merupakan ketua PB Poprov.

" Sementara proses tidak boleh terhenti. TAPD harus ada yang wakili," ungkapnya.

Berdasarkan ketentuan regulasi, papar dia, namanyaTim Anggaran Pemerintah Daerah ( TAPD) yang namanya Tim siapa saja bisa di tugasi oleh kepala daerah.

Dia menegaskan kabar miring tersebut adalah isu hoaks. Menurutnya, setakad ini koordinasi dirinya dengan Sekda berjalan lancar. 

"Suasana Porprov, Sekda ya harus fokus ke acara. Ntar tamu kita kecewa , 6000 orang yang mau di layani," terangnya.

Nah, itulah yang menjadi dasar penunjukan Ir Maisir dan Ir Samsir Alam menggantikan Sekda Dedi saat rapat Banggar di DPRD Kuansing.

Terkait halat Porprov, Kuansing selaku tuan rumah dinilai oleh banyak pihak telah sukses menyelenggarakannya. Bahkan Kuansing menuai pujian. Kendati perispan untuk helat Akbar tersebut hanya sebulan menjelang pelaksanaan.

" Porprov dipuji semua orang. Persiapan hanya 1 bulan, tanpa APBDP. Coba adinda bayangkan kemana kita nyari duit. Kita sabar aja. Dan fokus bekerja, biar rakyat yang nilai," ucapnya kepada Riauin.com menjelaskan.-hen