Dramatis! Jepang Tumbangkan Der Panzer Jerman 2-1


Rabu, 23 November 2022 - 22:03:52 WIB
Dramatis! Jepang Tumbangkan Der Panzer Jerman 2-1 Selebrasi Asano/foto:via Twitte FifaWorldcup

RIAUIN.COM - Laga pertama Grup E Piala Dunia Qatar 2022, mempertemukan Jerman versus Jepang di Khalifa Stadium, Doha, Rabu (23/11/2022).

Dalam laga ini, Jerman akhirnya tumbang oleh pasukan H Moriyasu dengan skor 2-1. Sebelumnya, pada babak pertama Jerman sempat unggul 1-0 lewat gol penalti Gundogan.

Namun, di babak kedua Jepang mampu bangkit dan terus menekan pertahanan Jerman. Alhasil, pada menit 75 Doan mampu menyamakan kedudukan 1-1.

Di menit 83, petaka buat Der Panzer terjadi. Umpan lambung jarak jauh jatuh ke kaki Asano yang luput dari kawalan pemain Jerman. Asano menggiring bola ke dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan keras yang tak mampu dihalau Neuer. Skor berubah 2-1 untuk keunggulan skuad matahari terbit.

Hingga tambahan waktu 7 menit, Der Panzer Jerman tidak mampu menyamakan kedudukan dan skor akhir 2-1 untuk kemenangan Jepang.

Jalannya Pertandingan

Kick-off tepat pukul 20.00 WIB Jerman langsung membangun serangan dengan mengandalkan trisula Muller, Gnabry dan Kai Havertz.

Pada menit 7' Jerman dikejutkan denga serangan balik cepat yang dibangun pemain Jepang. Striker jepang Maeda sukses menjebol gawang Neuer. Sayang gol Jepang dianulir wasit karena sebelum menerima umpan, Maeda berada salam posisi offside.

Pertandingan berjalan alot dan kedua tim saling menjaga tempo permainan. Pada menit 16', sebuah peluang dari sepak pojok gagal dikonversi menjadi gol untuk Jerman. Bola sundulan Rudiger meluncur ke pojok kanan gawang Gonda.

Di menit 30, petaka buat Jepang terjadi. Sebuah umpan ke jantung pertahan Jepang berbuah penalti. Raum yang menerima umpan matang dari sayap kanan membuat kiper Jepang terpaksa menjatuhkan Raum. Wasit yang melihat kejadian langsung menunjuk titik putih.

Gundogan yang maju sebagai algojo sukses mencetak gol dari titik putih di menit 32, skor 1-0 untuk Jerman.

Permainntampak kurang seimbang, dimana skuad asuhan H Flick unggul dalam penguasaan bola mencapai 81 persen berbanding 19 persen.

Dipenghujung laga babak pertama, tepatnya dienit 49, sebuah kemelut di mulut gawang Jepang kembali terjadi. Kai Havertz yang mendapat umpan matang dengan mudah menjebol gawang Jepang. Namun sayang, saat Goal Check, ternyata Kai Havertz berada pada posisi offside dan wasit menganulir gol tersebut.

Hingga babak pertama usai, skor 1-0 tetap bertahan untuk keunggulan Tim Der Panzer.

Awal babak kedua, Jerman langsung tancap gas. Sebuah peluang dari sayap kiri pertahanan Jepang gagal berbuah gol. Tendangan keras Gnabry melambung tinggi diatas mistar gawang Gonda.

Tak ketinggalan Musiala, pemain Jerman nomor punggung 14 ini mampu meliuk-liuk di jantung pertahanan Jepang dan melepas tembakan keras. Sayang tembakannya masih melambung tinggi diatas mistar.

Enam puluh menit laga berjalan, sebuah kerjasama apik antara Musiala dan Gundogan hampir saja menjebol gawang Jepang. Sepakan datar pemain Manchester City ini hanya membentur sisi luar tiang gawang.

Menit 70, kembali peluang diraih skuad Der Panzer. Heading shoot Gnabry yang sudah berdiri bebas mampu dipeis kiper Jepang. Bola rebound Gnabry yang jatuh ke kaki Musiala juga mampu dihalau Gonda.

Dua menit berselang, giliran pemain Jepang, Sakai memperoleh peluang. Berhadapan dengan Neuer, sepakan Sakai mampu di tepis penjaga gawang asal Muenchen itu.

Tak sampai disitu, dimenit 75 akhirnya Jepang mampu menyamakan kedudukan lewat Doan yang masuk menggantikan Nagatomo. Skor menjadi imbang 1-1.

Menit 83, petaka datang bagi Jerman. Sebuah umpan lambung jarak jauh jatuh ke kaki Asano yang luput dari kawalan pemain Jerman. Asano menggiring bola ke dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan keras yang tak mampu dihalau Neuer. Skor berubah 2-1 untuk keunggulan skuad matahari terbit.

Susunan Pemain:
Jerman 
(4-2-3-1): 1-Neuer, 23-N Schlotterbeck, 15-Sule, 2-Rüdiger, 3-Raum, 21-Gundogan, 6-Kimmich, 10-Gnabry, 14-Musiala, 13-T Muller, 7-K Havertz

Pelatih: H. Flick

Jepang
(4-2-3-1):12-Gonda, 9-Sakai, 4-Itakura, 22-Yoshida, 5-Nagatomo, 17-Tanaka, 6-Endo, 14-Ito, 15-Kamada, 11-Kubo, 25-Maeda

Pelatih: H. Moriyasu

-dnr