Advertorial

Ketua DPRD Riau Berharap Perangkat Daerah Jalankan Arahan Mendagri


Selasa, 08 November 2022 - 00:00:42 WIB
Ketua DPRD Riau Berharap Perangkat Daerah Jalankan Arahan Mendagri Ketua DPRD Provinsi Riau, Yulisman bersalaman dengan Mendagri RI, Muhammad Tito Karnavian, Selasa (8/11/2022). | Foto : hms

RIAUIN.COM- Ketua DPRD Provinsi Riau, Yulisman berharap seluruh perangkat daerah bisa meimplementasikan araham Mendagri. Hal itu dikatakannya saat menghadiri rapat kooridinasi (rakor) bersama Mendagri RI, Muhammad Tito Karnavian dan Gubernur Riau serta bupati/walikota, camat, lurah se-Provinsi Riau, Selasa (8/11/2022).

Ketua DPRD Provinsi Riau Yulisman yang turut hadir dalam rakor tersebut, menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Mendagri Tito Karnavian. Dia meyakini, kehadiran Mendagri di Bumi Lancang Kuning bersama seluruh stake holder terkait, membawa efek yang sangat positif bagi Riau.

“Ada banyak pengarahan yang disampaikan oleh Bapak Mendagri Tito Karnavian kepada kepala daerah, camat hingga lurah yang hadir pada saat rakor. Tentunya ini sebuah stimulus, sebuah bentuk perhatian yang sangat serius pemerintah pusat kepada Provinsi Riau,” sebut Yulisman. 

Dia mencontohkan pengarahan Mendagri Tito mengenai pengelolaan sumber daya manusia (SDM), keuangan daerah dan beberapa pengarahan lainnya. Apa yang disampaikan Mendagri Tito sangat penting bagi roda pemerintahan di Provinsi Riau. Mulai dari tingkat provinsi hingga ke tingkat kelurahan.

“Banyak pengarahan-pengarahan yang diberikan. Harapan kami agar seluruh perangkat daerah agar bisa meimplementasikan arahan yang disampaikan Pak Tito,” imbuhnya.

Dalam Rakor itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menekankan agar Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Riau untuk terus menjaga kestabilan politik dan keamanan di daerah.

Khusus masalah keamanan, menurut Mendagri merupakan poin utama yang amat penting. Pasalnya, apapun program yang nantinya dibentuk oleh pemerintah jika stabilitas keamanan tidak kondusif maka tidak akan berjalan maksimal.

"Nomor satunya adalah politik dan keamanan. Terutama keamanan karena kalau sudah tidak aman maka mau buat program apa pun juga tidak akan bisa dieksekusi. Jadi jaga betul kondisi keamanan yang sudah bagus ini," kata Tito.

Mendagri juga mengingatkan pemda dan jajarannya untuk tidak menganggap remeh permasalahan terkait situasi keamanan dan kesehatan.”Kita baru akan tahu betapa mahalnya keamanan kalau sudah terjadi kerusuhan," ujarnya.

Untuk itu, ia meminta segala potensi-potensi yang kiranya akan menyebabkan konflik juga perlu diantisipasi. Karenanya, daerah perlu meningkatkan lagi keaktifan dan peran dari Forum Koordinasi Pimpinan daerah (Forkopimda), dan forum kerukunan umat beragama (FKUB).

"Kalau forkopimdanya gak jalan, itu pasti berantakan. Perlu adanya kekompakan forkopimda mulai dari kabupaten/kota dan provinsi," ujar mantan Kapolri ini.

Sebelumnya Yulisman turut menjemput langsung Mantan Kapolri itu ke Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Pekanbaru. Kedatangan Mendagri juga disambut Gubernur Riau Syamsuar, beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau lainnya.

Usai dilakukan penjemputan di Bandara, rombongan melanjutkan kegiatan yang dijadwalkan akan dilakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Kepala Daerah, Camat hingga Lurah se-Provinsi Riau.

Turut hadir pada rapat ini Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Pol. Muhammad Iqbal, Danrem 031 Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung, Bupati/Walikota se-Provinsi Riau, camat dan lurah se-Provinsi Riau, serta Forkopimda Provinsi Riau lainnya. -adv