Galeri Foto

Hari Pahlawan, Wakil Ketua DPRD Riau Tabur Bunga di Makam Pahlawan


Kamis, 10 November 2022 - 21:47:33 WIB
Hari Pahlawan, Wakil Ketua DPRD Riau Tabur Bunga di Makam Pahlawan

RIAUIN.COM- Pengorbanan para pahlawan sepatutnya dihargai dan dicontoh oleh generasi saat ini, yakni dengan cara memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan bangsa pada umumnya dan daerah khususnya. Hal itu dikatakan Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Agung Nugroho saat mengikuti acara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma, Pekanbaru pada Hari Pahlawan, Kamis (10/11/2022).    

Pada upacara tersebut Gubernur Riau Syamsuar bertindak sebagai inspektur upacara dan Dandebekang I/4.A Pekanbaru Letkol CBA Amos Pedro Sipahutar sebagai komandan upacara.

Hargai Perjuangan Pahlawan, Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Ajak Berkontribusi Nyata untuk Pembangunan

Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho menaburkan bunga di salah satu makam pahlawan Taman Makam Pahlawan (TMP) Pekanbaru.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Agung Nugroho, mengatakan, pengorbanan yang diberikan oleh para pahlawan, sudah sepatutnya dipertahankan dan dihargai dengan cara memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan.

Hal ini bisa dilakukan oleh seluruh masyarakat dengan profesi dan keahlian masing-masing. 

“Kalau kami di DPRD, yakni dengan melakukan pengawasan jalannya pemerintahan di Provinsi Riau. Memperjuangkan aspirasi masyarakat, merancang produk legislasi yang tentunya dibutuhkan masyarakat,” ujarnya.

Setiap masyarakat, kata Agung, bisa saja memberikan kontribusi untuk kemajuan negara. Ia mencontohkan profesi atlet yang bisa mengharumkan nama bangsa dengan menorehkan prestasi hingga mendunia.

Begitu juga dengan generasi muda saat ini, tentunya dengan mengikuti perkembangan zaman yang ada. 

“Bisa dengan mengikuti situasi dan perkembangan zaman saat ini. Jadilah generasi penerus yang penuh sopan santun. Berprestasi dan memiliki daya juang yang tinggi,” ungkapnya.

Peringatan hari pahlawan, katanya, merupakan momentum penting untuk mengenang lahirnya bangsa Indonesia. Menurut dia, tanpa peran dan jasa pahlawan terdahulu, bangsa Indonesia mungkin tidak akan bisa menjadi sebesar saat ini. 

Bertindak sebagai inspektur upacara peringatan hari Pahlawan Nasional itu Gubernur Riau Syamsuar dan Dandebekang I/4.A Pekanbaru Letkol CBA Amos Pedro Sipahutar sebagai komandan upacaraSipahutar sebagai komandan upacara.

Usai upacara peringatan hari pahlawan, Gubernur Riau Syamsuar dan Forkopimda Provinsi Riau melakukan penaburan bunga di sejumlah makam pahlawan. 

Pada momen tersebut, Gubernur Riau Syamsuar dan Forkopimda Provinsi Riau terlihat bersama-sama menaburi bunga di Makam H.R. Soebrantas  yang berpangkat Brigjen Purn TNI AD yang gugur pada tanggal 15-05-1980 lalu.

Lalu rombongan menaburi bunga di makam pahlawan lainnya guna mengenang perjuangan dan jerih payah serta tumpah darah para pahlawan negara ini. Sehingga bisa merdeka dan bekembang seperti yang dirasakan sampai saat sekarang ini.

Kemudian, dilakukan pelepasan iringan mobil bertemakan Hari Pahlawan untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur yang dilepas langsung oleh seluruh Forkopimda Provinsi Riau. 

***