Profil

Mengenal Lebih Dekat Master Catur Wanita Nasional Asal Kampar


Sabtu, 19 November 2022 - 08:29:06 WIB
Mengenal Lebih Dekat Master Catur Wanita Nasional Asal Kampar Yuni Veronika peraih medali emas perorangan senior putri Porprov X Kuansing. | Foto : jeki

Banyak yang penasaran dengan pecatur wanita asal Kampar, Yuni Veronika yang namanya sudah menasional ini. Mulai dari pertanyaan benarkah Yuni Veronika asli Kampar atau dia "dibajak" dari daerah lain.

Tak seperti kebanyakan gadis Melayu Riau yang memakai hijab, Yuni tak berkerudung seperti kebanyakan para gadis di Kampar pada umumnya. Karena itu muncul pertanyaan Yuni Veronika non muslim, ya? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang dilontarkan kepada gadis 25 tahun kelahiran Tapung ini.

Di subuh yang masih gelap gulita, ketika banyak atlit masih tertidur lelap, sosok Yuni mulai terkuak. Awak media menyaksikan sendiri Yuni melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran. Ini bukan dibuat-buat.

Yuni  punya kebiasaan tidur habis isya dan terbangun di pertigaan malam. Lalu sholat tahajud, sholat hajat baca al-quran hingga waktu subuh.

Tuh.. Hebat kan ibadah master wanita Kampar ini. Sama hebatnya dengan prestasi bermain caturnya. Sejak Sekolah Dasar, Yuni ramah dan murah senyum  sudah mengukir prestasi di O2SN.

Bahkan, diusia yang masih kecil dia pernah dikirim ke Singapura dalam Word Chess School Championship. Di Negeri Singa itu, Yuni berhasil meraih medali perunggu.

Hasil yang luar biasa juga pernah ditoreh Yuni saat PON tahun 2012 Riau di Pekanbaru. Tak tanggung saat itu Yuni meraih dua medali sekaligus, yakni medali perak dan perunggu.

Saat itu Yuni gelar Master Nasional Wanita disematkan pada mahasiswi akan menyelesaikan studi Jurusan Akutansi di Universitas Riau itu.

Sebagai pecatur hebat, Yuni Veronika dilirik banyak daerah untuk mewakili Cabor Catur. Awalnya, Yuni bermain untuk Pelalawan, lalu Inhu, kemudian Bengkalis.

Tahun ini, wanita berkulit putih itu pulang kampung dan mewakili tanah kelahirannya di ajang Porprov X di Kuansing. Dia tentu saja tak ingin mengecewakan Kampar dengan berhasil dikalungi medali emas untuk nomor standar. Dan kini Yuni mengincar medali di nomor catur cepat yang juga dipertandingkan di Porprov 2022.

Muncul banyak pertanyaan lagi kepada Yuni, kok bisa begitu hebat main caturnya? Rupanya, master wanita kebanggaan Riau ini memang gigih berlatih. Sejak kecil dia sudah hobi melihat orang bermain catur di wartung milik ibunya.

Yuni kecil, selalu mengintip permainan catur yang dimainkan di warung milik ibunya. Dari situ, Yuni tertarik untuk menjadi pecatur hebat. Dia pun ditempa dari pelatihan tingkat daerah hingga ikut pelatihan  tingkat nasional.

Bahkan Yuni bercita-cita nantinya ingin punya sekolah catur. Mencetak pecatur-pecatur hebat dari Kampar agar bisa bersaing ditingkat nasional bahkan internasional.

"Daerah kita ini bukannya tak ada bibit pecatur. Tapi yang kurang itu pembinaan dan salurannya, " ujar Yuni.

Yuni yakin, semakin banyak kompetisi, kejuaraan open turnamen, maka akan semakin banyak bermunculan pemain-pemain bagus.

Dan yang tak kalah penting katanya, perhatian pemerintah terhadap atlit terus ditingkatkan, maka prestasi atletnya pun akan semakin bagus. -naz