Hadiri Rakercab 2017 di Tualang, Ini Pesan-pesan Bupati dan Wabup Siak


Ahad, 20 Agustus 2017 - 12:02:40 WIB
Hadiri Rakercab 2017 di Tualang, Ini Pesan-pesan Bupati dan Wabup Siak
SIAK, Riauin.com - Bupati Siak Syamsuar selaku Kamabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Siak membuka secara resmi Rapat Kerja Cabang (Rakercab) tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Siak di Aula Bunut Tualang-Perawang Siak, Sabtu (19/8/2017).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Siak, Sekretaris Kwarda Riau, Mabiran Sekwarter Cabang Siak, seluruh Wakil ketua Kwarcab dan Andalan Kwarcab, Seluruh Camat Selaku Kamabiran, seluruh Andalan Ranting Tualang, seluruh Kamabigus Sewarter Ranting Tualang, Ketua Gudep, dan Kepala Kampung se Kecamatan Tualang.

Pembukaan Rakercab ini diawali dengan pelantikan Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka Tualang masa bakti 2015-2018 dan dilantik oleh Ketua Kwartir Cabang 09 Gerakan Pramuka Siak H Alfedri.

Ia berpesan kepada yang dilantik agar dapat menjalankan tugas dengan bertanggung jawab sesuai petunjuk yang berlaku.

Alfedri yang juga Wakil Bupati Siak ini menyebutkan, agenda Kwarcab tahunan gerakan pramuka siak di pandang penting untuk bahan evaluasi berbagai kegiatan, dengan program yang sudah di tetapkan rakercab tahun 2017 dan membuat program-program sintetis untuk 2018.

"Agenda yang sudah diprogramkan diantaranya penilaian Kwartir Ranting tergiat dan Gudep tergiat serta penilaian akreditasi tahun 2017 setelah 3 tahun yang lalu kita lakukan 2014 visitasi dan akreditasi terhadap data dasar gerakan pramuka, "ujar dia.

Dari pelaksanaan akreditasi tahun 2017 ini lanjutnya, pelaksanaan akreditasi disesuaikan dengan masa bakti kepengurusan yakni 3 tahun sekali. Terjadi peningkatan dari tahun 2014, di tahun 2014 ini akreditasi dengan nilai B hanya 8 Gudep saja dan di tahun 2017 ini meningkat untuk akreditasi A ada 15 Gudep sebagian ada dengan akreditasi C dan juga masih ada yg dengan akreditasi D.

"Kami harapkan di Rakercab ini bagaimana kita bisa meluruskan berbagai kegiatan Gudep sehingga nilai akteditasi ini bisa meningkat. Berbagai kegiatan gerakan Pramuka perlu memperhatikan hal yang terkait dengan akreditasi, sehingga harapannya 3 tahun akan datang tidak ada lg yang nilainya D, minimal B, "sambungnya.

Sementara itu Syamsuar selaku Kamabicab 09 Siak mengungkapkan saat ini masih ada Kecamatan yang belum mendapatkan Pramuka Garuda. Harapannya ke depan kecamatan ini sudah ada Pramuka Garuda nya.

"Yang belum mendapatkan Pramuka Garuda yakni Kerinci Kanan dan Minas, jadi saya harapkan kepada Kamabiran dan Kwaran bagaimana caranya agar dimasa yang akan datang Pramuka Garuda ini ada" ungkap Syam.

Kemudian Syamsuar juga meminta kepada semua pengurus untuk merubah mindset gerakan Pramuka, dimana generasi muda masa dulu berbeda dengan masa sekarang. Kaum muda dihadapkan dengan masalah sosial dan masalah kebangsaan, rendahnya soludaritas sosial dan kurangnya semangat kebangsaan yang tinggi. Sehingga gerakan pramuka menjadi salah satu organisasi yang diharapkan bisa menimbulkan minat dan jiwa positif generasi bangsa.

Dalam kesempatan berbeda, Syamsuar dan Alfedri yang di dampingi Camat Tualang berkesempatan untuk melakukan peletakan batu pertama pembanguanan fasilitas kebersihan umum untuk Buper di areal kantor Camat Tualang.(hrc)