advertorial

Diguyur Hujan, Bupati Resmikan Helat Kabupaten Pelalawan Ke-23


Ahad, 09 Oktober 2022 - 12:28:05 WIB
Diguyur Hujan, Bupati Resmikan Helat Kabupaten Pelalawan Ke-23 Pemukulan kompang tanda dibukanya Helat Kabupaten Pelalawan Ke-23 oleh Bupati Pelalawan, H Zukri, Ketua DPRD Pelalawan, anggota DPRD Dapil Pelalawan-Siak bersama pimpinan Forkompinda, tokoh masyarakat lainnya, Sabtu (8/10/2022). | Foto : Diskominfoti

RIAUIN.COM- Pasca pandemi Covid-19 dua tahun terakhir, peringatan Hari Jadi Kabupaten Pelalawan ke-23 tahun 2022 dapat dinikmati warga Pelalawan langsung. Acara di yang sebelumnya disebut Hari Ulang Tahun, mulai tahun ini berubah menjadi Helat Kabupaten Pelalawan.

Meski diguyur hujan Helat Kabupaten Pelalawan ke-23 dibuka resmi Bupati, H Zukri yang difokuskan di Lapangan PDAM Pangkalan Kerinci, Sabtu (8/10/2022) berjalan lancar dan meriah. Pada sambutannya Zukri menyampaikan rasa bangga dan ucapan terimakasihnya kepada ketua panitia dan seluruh panitia yang tetap selalu semangat agar acara pembukaan sukses terselenggara.

“Hujan malam hari ini adalah berkah dari Allah. Inshaa Allah itu sesuai rencana terbaik dari Allah. Kepada panitia tetap semangat. Rangkaian Helat Pelalawan ini masih panjang, tentunya semoga perjalanan rangkaian ini selalu dalam Rahmat dan Berkah dari Allah, SWT” ucap Zukri.  

Dalam kesempatan itu sedianya akan diluncurkan aplikasi Klik Pelalawan yang merupakan aplikasi pelayanan publik di dalam satu genggaman, namun diundur hari berikut dalam pelaksanaannya dan pelnuncuran Mobil Pelayanan Publik yang disediakan Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Mobil ini akan berkeliling di seluruh Kabupaten Pelalawan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan.  

Bukan saja perogram aplikasi pelayanan publik saja yang batal dilaunching, acara hiburan juga batal tampil. Karena itu akan diberi ruang dan waktu tersendiri untuk menampilkan atraksinya.

“Kabupaten Pelalawan adalah salah satu pemerintah yang mendapat penghargaan dari BPJS yang telah 95% masyarakatnya telah menggunakan BPJS. Bagi masyarakat yang belum memiliki BPJS, cukup dengan memperlihatkan KTP Kabupaten Pelalawan maka akan mendapatkan pengobatan gratis yang iurannya akan ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan,” ucap Zukri.   

Pada Helat Pelalawan ini masyarakat Kabupaten Pelalawan akan dihibur oleh penampilan artis Farel Prayoga, Trisuaka. Dalam iven ini juga diberikan kesempatan kepada UMKM untuk menampilkan produk-produknya. Diharapkan UMKM di Kabupaten Pelalawan agar cepat tumbuh

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Helat Kabupaten Pelalawan ke-23, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pelalawan, Budi Surlani menyampaikan, ada 135 peserta yang mengisi stand pameran dan bazaar terdiri dari instansi pemerintah, dunia usaha dan UMKM. Helat yang berlangsung selama lima hari dimulai dari tanggal 8 Oktober  sampai 12 Oktober 2022.

"Berdasarkan kebijakan dari Bupati Pelalawan, dalam penempatan stand khusus untuk pelaku UMKM unggulan Kabupaten Pelalawan tidak dikenakan biaya. Selain pameran dan bazaar, helat juga diisi dengan acara pagelaran seni dan budaya," jelas Budi.

Tampak hadir pada acar aitu Wakil Bupati Pelalawan, H Nasarudin beserta istri, Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan, Sella Pitaloka S AP, Bupati Pelalawan pada masanya, unsur Pimpinan Forkopimda Kabupaten Pelalawan, Sekretaris Daerah Kabupaten PelalawanTengku Mukhlis, Kepala DPMPTSP Provinsi Riau Drs H HELMI D MPd, anggota DPRD Provinsi Riau Dapil Pelalawan-Siak Sewitri SE dan para undangan lainnya. -adv