Diikuti Ratusan Peserta, Ini Rute Tour de Muara Takus 2022


Kamis, 10 November 2022 - 21:06:20 WIB
Diikuti Ratusan Peserta, Ini Rute Tour de Muara Takus 2022 Ilustrasi/foto: via muaratakus.com

RIAUIN.COM - Ajang balap sepeda berkonsep wisata, Tour de Muara Takus (TDMT) 2022 segera dihelat. Sejumlah persiapan untuk menyambut ajang yang digelar selama 3 hari ini hampir rampung. Mulai dari persiapan teknis, akomodasi, hingga pengamanan sudah dipersiapkan secara matang.

Ketua Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) Pengurus Cabang (Pengcab) Riau, Syahrial menyebutkan, TDMT 2022 ini berkonsep Tour Tourism yang diikuti tidak kurang dari 375 peserta dari 20 provinsi di Indonesia dan dari negara tetangga Malaysia.

"Tour de Muara Takus merupakan event sepeda pertama dengan mengusung tema Sport Tourism berkonsep road bike. Inilah satu-satunya event di Riau yang mendapatkan Rekomendasi dari PB ISSI," ujar Syahrial di Pekanbaru, Kamis (10/11/2022).

Dijelaskannya, start awal TDMT 2022 rencananya akan dilaksanakan di depan Mapolda Riau, Jalan Pattimura Pekanbaru.

"Kita akan bergerak dari Mapolda Riau titik nolnya, ke pitstop 1 sejauh 45 kilometer dari start di Kesultanan Kampa. Lanjut pitstop 2, tepatnya di kilometer 70 di Balai Bupati, Bangkinang," jelasnya.

Selanjutnya, Pitstop 3 di Desa Gulamo, tepatnya di kilometer 106 dan pitstop terakhir finish di Candi Muara Takus.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kampar, Yusri menjelaskan, Kabupaten Kampar mendapatkan kado istimewa dalam pelaksanaan TDMT 2022 ini. 

"Kampar alhamdulilah mendapatkan kado istimewa di tahun ini dalam pelaksanaan TDMT 2022 ini," ujarnya.

Kata Yusri, ada empat spot dalam TDMT 2022 kali ini, yakni spot pertama di Kesultanan Kampa. Disini akan peserta akan disajikan beragam budaya adat istiadat, musik tradisional, dan makanan tradisional.

"Kami akan memanjakan (peserta, red) dengan adat istiadat, seni, budaya, muaik-musik tradisional dan makanan tradisional. Semua gratis dan bebas untuk dinikmati peserta dan pengunjung," ucapnya.

Kemudian spot kedua di Balai Bupati Kampar, spot ketiga di Desa Gulamo dan spot keempat di Candi Muara Takus.

Yusri memaparkan, disetiap titik termasuk di Candi Muara Takus, akan ada kegiatan sosial berupa pembagian sembako, pasar murah, pasar tumpah bahkan duliswdiakan juga stan produk UMKM.

"Jadi banyak yang bisa diterima besok oleh masyarakat, ekonominya terangkat. Warga terbantu dan kita manjakan mereka dengan pasar murah, pasar tumpah, UMKM dan Makan Basiacung," terang Yusri.

Terkait pengamanan event TDMK 2022, Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto mengatakan bahwa pihaknya beserta jajaran siap mendukung pengamanan event tersebut.

"Sebanyak 1631 personil termasuk TNI, Dishub, Pol PP, Damkar dan Tenaga Kesehatan kita siagakan di setiap pitstop dan titik-titik simpul pelaksanaan TDMT. Polda Riau menetapkan sistem pengaman rute dengan sistem buka tutup per pitstop sampai ke finish," ujar Sunarto.

Sunarto berharap, dengan pelaksanaan TDMT 2022 ini, dapat meningkatkan perekonomian dan memperoleh hasil yang positif bagi pemerintah  Provinsi Riau khususnya bagi masyarakat Pekanbaru dan Kampar.

"Gaungnya harus berasa keluar, sudah barang tentu bagaimana kita bersama agar kegiatan ini berhasil dan gaungnya positif bagi Provinsi Riau," tutup Sunarto.-dnr