Buka Pertika V UIN Suska Riau, Gubri: Gerakan Pramuka Ajarkan Tolong Menolong Sesama 


Kamis, 03 November 2022 - 03:33:17 WIB
Buka Pertika V UIN Suska Riau, Gubri: Gerakan Pramuka Ajarkan Tolong Menolong Sesama  Gubernur Riau (Gubri) selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka diwakili Asisten I Masrul Kasmy membuka Perkemahan Bakti Pramuka (Pertika) V Gugusdepan 14-001 dan 14-002 Pangkalan UIN Sultan Syarif Kasim Riau di halaman Rektorat

RIAUIN.COM – Gubernur Riau (Gubri) selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Masrul Kasmy membuka Perkemahan Bakti Pramuka (Pertika) V Gugusdepan 14-001 dan 14-002 Pangkalan UIN Sultan Syarif Kasim Riau di halaman Rektorat, Rabu (2/11/2022). 

Gubri sangat mengapresiasi kegiatan ini dengan harapan agar kegiatan-kegiatan kepramukaan senantiasa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan lingkungan sekitar guna mendukung upaya meningkatkan citra Gerakan Pramuka khususnya di Provinsi Riau, sebut Masrul saat membacakan sambutannya. 

“Pramuka mengajarkan kita untuk dapat menolong sesama, dan ikut serta membangun masyarakat sebagai wujud pengamalan Satya dan Darma Pramuka” kata Masrul. Untuk itu, pendidikan kepramukaan dinilai penting bagi pengembangan diri generasi muda, apalagi di tengah pengaruh era informasi digital saat ini.

“Pendidikan kepramukaan tidak hanya membuat anak-anak kita lebih berkarakter dan mempunyai kepribadian yang positif, tetapi juga mengajarkan anak-anak bagaimana mengenal lingkungan hidup dan bertahan hidup dalam keadaan darurat. Ini akan membuat anak-anak lebih tangguh dan mencintai alam yang ada di disekitarnya,” jelas Ketua Harian Mabida Gerakan Pramuka ini. 

Lebih lanjut Masrul mengatakan, Gubri mengharapkan kepada para Pembina Pramuka untuk terus mendidik dan membina kaum muda Riau agar menjadi kader pembangunan yang beriman dan bertaqwa, berilmu pengetahuan dan teknologi, serta bermoral Pancasila yang sehat jasmani dan rohani.

“Saya ucapkan selamat mengikuti Perkemahan Bakti Pramuka se-Daerah Riau tahun 2022, serta terimakasih kepada segenap Civitas Akademika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim sebagai tempat penyelenggaraan,” ucap mantan Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Riau ini.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahiim, Perkemahan Bakti Pramuka ke-V Gudep 14-001 dan 14-002 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Tahun 2022 secara resmi saya nyatakan dibuka,” kata Masrul membacakan sambutan tertulis Gubri.

Sementara Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau Kasiarudin menyampaikan selamat mengikuti Pertika V dan selalu bahagia mengikuti berbagai kegiatan di Pertika V.

“Selain meningkatkan kecerdasan majemuk, mengikuti kegiatan Pertika V ini merupakan usaha untuk meningkatkan 5 (lima) kecerdasan yang dikembangkan oleh Gerakan Pramuka yang dikenal dengan nama kecerdasan Sesosif, yakni Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual dan Fisik,” kata Ilal sapaan akrabnya.

Selanjutnya Rektor UIN Suska Riau diwakili Wakil Rektor III Edi Erwan dalam sambutannya menyampaikan ada 3 poin penting tujuan dilaksanakan Pertika V yakni sebagai ajang pendidikan dan pelatihan, ajang pengabdian masyarakat dan ajang sosialisasi.

Edi menambahkan Pertika V ini akan menjadi kenangan indah bagi adik-adik peserta.   

Ketua Sangga Kerja Pertika V Asnawi Mangku Alam melaporkan kegiatan Pertika V dilaksanakan mulai tanggal 1-6 November 2022 bertempat di Bumi Perkemahan UIN Suska Riau, diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pandega utusan Gugusdepan yang berpangkalan di SMA/SMK/MA dan Perguruan Tinggi se-Daerah Riau. 

“Personil kegiatan terdiri dari Panitia Penyelenggara berjumlah 40 orang, Panitia Pelaksana berjumlah 120 orang, Pembina Pendamping berjumlah 56 orang, dan Peserta Perkemahan berjumlah 423 orang,” kata Asnawi. Jumlah keseluruhan pada Pertika V 2022 sebanyak 700 orang.

Adapun Gugusdepan yang mengirimkan peserta pada Pertika V adalah, Pondok Pesantren (PP) Madrasah Tarbiyah Islamiyah, SMAIT Alfikri Igs Pekanbaru, PP Jabal Nur Kandis, PP Nurul Hidayah, PP Teknologi Riau, PP Darel Hikmah, SMAN 1 Rangsang, SMA Taruna Pekanbaru, MA Diniyah Puteri Pekanbaru, SMAN 1 Batang Cenaku, SMKN 1 Tapung Hulu, Universitas Pahlawan, MAN 1 Kepulauan Meranti, SMAN 3 Langgam, SMAN 2 Tambang, Politekkes Kemenkes Riau, SMAN 1 Tambusai, MAN 3 Pekanbaru, MAN 1 Dumai, MAN 1 Indragiri Hilir, MAN 1 Pekanbaru, MA Nuruddin, SMAN 3 Singingi Hilir, dan SMK Abdurrab Pekanbaru.

Pembukaan kegiatan ditandai dengan pemasangan tanda peserta, penyerahan alat bakti dan penyerahan bibit tanaman kepada perwakilan peserta oleh Asisten I Setda Provinsi Riau bersama Wakil Rektor III UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Hadir pada pembukaan kegiatan perwakilan dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau Yusri, Ketua Harian Kwarcab Kota Pekanbaru Toni Werdiansyah, Perwakilan Kecamatan Tuah Madani Peri Susanto, Ketua Kwarran Tuah Madani Sufyanul Arifin, perwakilan Kwarran Binawidya, Ketua Gudep 14-001 Irwan Taslapratama, Ketua Gudep 14-002 Nelvawita, para Pembina Gudep 14-001 dan 14-002, para Pembina Pendamping, serta Purna Pramuka UIN Sultan Syarif Kasim Riau. - rls