Galeri Foto

Kemenag Riau Sosialisasi Pengurusan Sertifikat Halal ke Diskop dan UKM Inhil


Senin, 07 November 2022 - 16:16:20 WIB
Kemenag Riau Sosialisasi Pengurusan Sertifikat Halal ke Diskop dan UKM Inhil

RIAUIN.COM- Kementerian Agama Provinsi Riau melakukan sosialisasi pengurusan sertifikat halal ke Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop dan UKM) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Senin (7/11/2022).  

Kedatangan rombongan yang dipimpin Kepala Tata Usaha Kemenag Riau, H Asmuni Hasan yang juga Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Halal ini disambut oleh Sekretaris Diskop dan UKM Inhil Feri Irawan beserta jajaran.

Turut hadir dalam pertemuan yang dilakukan di Ruang Kantor Kepala Diskop dan UKM Inhil, Jalan Swarna Bumi Tembilahan tersebut, para Kabid dan Pegawai di lingkungan Diskop dan UKM Inhil, serta sejumlah Aparatur dari Kantor Kemenag Inhil.

Pada kesempatan itu, Kepala Diskop dan UKM Inhil Ir H Ilyanto MT diwakili Seketaris Feri Irawan menyatakan sangat menyambut baik kunjungan ini.

"Alhamdulillah, kita menyambut baik kunjungan yang kali ini dalam rangka melaksanakan koordinasi dan fasilitasi sertifikasi label halal untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Inhil," ujarnya.

Sementara itu, Kabag TU Kemenag Riau, H Asmuni Hasan menjelaskan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini sebagai upaya membantu Diskop dan UKM Inhil dalam menjalankan program fasilitas UMKM.

"Kawan-kawan di Dinas Koperasi Inhil dan Kabupaten lain sudah mempunyai program fasilitasi terhadap Unit Usaha Mikro Kecil (UMK) atau self declare atau yang produknya hanya maksimal enam hari ketahanan dan tidak menggunakan bahan kimia ataupun pengawet," katanya.

Karenanya, lanjut Asmuni, Kemenag Riau akan memfasilitasi sertifikasi halal bagi pelaku UMKM tahun 2022.

"Hari ini, kami melaksanakan tugas yang telah diamanahkan oleh PMA Nomor 13 Tahun 2022 untuk melakukan fungsi sebagai koordinasi, sosialisasi dan edukasi, sehingga percepatan-percepatan dan pemahaman-pemahaman atau sertifikasi halal tersebut dapat kita laksanakan," imbuhnya. ***