Absen di Rakor Dihadiri Mendagri dan Gubri, Ini Alasan Bupati Meranti M Adil


Selasa, 08 November 2022 - 17:04:21 WIB
Absen di Rakor Dihadiri Mendagri dan Gubri, Ini Alasan Bupati Meranti M Adil Bupati Meranti M Adil/foto:via Riaulink.com

RIAUIN.COM - Bupati Meranti M Adil akhirnya buka suara terkait dirinya tidak hadir dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Lurah dan Camat se-Riau di Hotel Grand Central Pekanbaru, Selasa (8/11/2022) pagi.

M Adil ketika dikonfirmasi media ini mengatakan bahwa dirinya tidak hadir karena ada Paripurna persiapan APBD tahun 2023.

"Kita banyak kerja Paripurna dan persiapan APBD 2023," tulis M Adil melalui pesan WhatsApp.

Namun, M Adil tidak menjelaskan kenapa selain dirinya, perwakilan dari Pemkab Meranti juga tidak hadir dalam Rakor tersebut.

Untuk diketahui, Rakor Lurah dan Camat se-Riau dihadiri langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Gubernur Syamsuar. 

Terkait hal ini, Mendagri Tito Karnavian menyesalkan atas tidak hadirnya Bupati Kepulauan Meranti, M Adil dan jajaran.

"Saya nggak tahu kalau nggak hadir. Nanti Pak Gubernur akan cek, saya juga akan minta Irjen saya Pak Tomsi untuk cek kenapa dia (Bupati Meranti, red) tidak hadir. Kita punya etika dalam pemerintahan, Kalau ada Mendagri disini sebagai pembina dan pengawas pemerintah daerah, harusnya hadir," sesal Tito.

Menurut Tito, jika puncuk pimpinan daerah tak bisa datang, maka minimal perwakilan atau utusannya harus ada.

"Kalau tidak hadir ya nanti akan saya pertimbangkan juga, karena  nanti kepentingan daerah ini akan banyak sekali yang berurusan dengan Kemendagri. Saya belum tahu alasannya apa, makanya kita mau tahu alasannya apa. Kalau nggak bisa hadir pun harusnya diwakilkan," tegasnya.-dnr