Operasi Tertib Parkir di Pekanbaru, 6 Jukir Ilegal Diamankan


Selasa, 08 November 2022 - 11:29:32 WIB
Operasi Tertib Parkir di Pekanbaru, 6 Jukir Ilegal Diamankan Penertiban Jukir Ilegal oleh Dishub Pekanbaru/foto:via Pekanbaru.go.id

RIAUIN.COM - Sebanyak enam Juru Parkir (Jukir) liar diamankan dalam Operasi tertib parkir yang digelar Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru. Selain itu, petugas juga menjaring kendaraan yang parkir sembarangan.

Kepala UPT Perparkiran Dishub Kota Pekanbaru, Radinal Munandar menyebut, selain para Jukir ilegal, petugas juga menjaring Jukir tidak menggunakan atribut lengkap. Keenam jukir ini ditindak dan diangkut tim serta diberikan surat pernyataan agar tidak lagi mengulangi kesalahan mereka.

"Jukir ini kebanyakan tidak melengkapi atribut mereka. Seperti tidak pakai rompi dan tanda pengenal serta pakai celana pendek," sebut Radinal Munandar, Senin (7/11/2022).

Selain itu, ada delapan sasaran penertiban yang bakal ditindak, diantaranya parkir di rambu larangan parkir, parkir di marka zig-zag, parkir di rambu larangan berhenti, parkir di trotoar atau lintasan sepeda, parkir di sekitar area zebra cros.

"Kemudian parkir di persimpangan, parkir di halte bus, dan penertiban juru parkir liar serta tidak menggunakan atribut. Dalam operasi ini sebelumnya telah dilakukan berbagai persiapan. Mulai dari pembentukan tim yang bakal turun ke lapangan dan mekanisme lainnya," ujarnya.

Katanya, operasi ini digelar guna memberi efek jera kepada oknum maupun masyarakat yang kerap parkir sembarangan. Selain itu juga guna menertibkan para jukir nakal dan jukir ilegal.-dnr