Ribuan Bal Pakaian Bekas LN Dimusnahkan di Rupbasan Bangkinang


Selasa, 08 November 2022 - 10:54:42 WIB
Ribuan Bal Pakaian Bekas LN Dimusnahkan di Rupbasan Bangkinang Pemusnahan ribuan bal pakaian bekas di Rupbasan Bangkinang/foto:via mcr

RIAUIN.COM - Sebanyak 1.184 bal/karung pakaian bekas dari luar negeri (LN) sejak tahun 2002 kalu dimusnahkan di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas II Bangkinang.

Kepala Rupbasan Bangkinang, Muhammad Diharja mengatakan, ribuan bal pakaian bekas itu merupakan benda sitaan titipan Kepolisian Daerah Riau. Pemusnahan dilaksanakan berdasarkan surat rekomendasi dari Polda Riau pada Senin (7/11/2022).

“Pemusnahan ini dilaksanakan bukan secara serta-merta, melainkan melalui langkah-langkah yang sesuai dengan SOP dan melewati proses pemeriksaan untuk memastikan barang bukti layak untuk dimusnahkan,” kata Muhammad Diharja. 

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, Mhd Jahari Sitepu mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh jajaran Rupbasan Bangkinang dan berharap jajaran Rupbasan lainnya berlomba-lomba untuk menunjukkan kinerja terbaik.

“Kepada seluruh jajaran Rupbasan di Wilayah Riau untuk selalu menjalin komunikasi dengan pemilik barang baik itu Kejaksaan, Kepolisian, KPK, Pengadilan atau pihak lainnya agar barang yang ada di gudang tidak mengendap bertahun-tahun hingga rusak dan tidak memberi manfaat untuk negara,” ujar Jahari Sitepu.-dnr