Resahkan Warga, BKSDA Tangkap Anak Harimau di Teluk Meranti


Selasa, 08 November 2022 - 10:40:56 WIB
Resahkan Warga, BKSDA Tangkap Anak Harimau di Teluk Meranti Foto:via BKSDA Riau

RIAUIN.COM - Seekor anak Harimau Sumatera masuk box trap (kandang perangkap) yang dipasang di Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Pelalawan. Anak harimau itu masuk perangkap diketahui pada Minggu (6/11/2022) malam.

Kepala Besar BKSDA Riau, Genman Suhefti Hasibuan SHut, MM, Senin (7/11/2022) mengatakan, harimau yang ditemukan masih tergolong anakan.

"Hasil pengecekan anggota anak harimau itu sekitar pukul 19.52 WIB," kata Genman.

Petugas di lapangan juga melaporkan, bahwa harimau yang masuk box trap diperkirakan berkisar usia 8 hingga 10 bulan.

"Sesuai pengecekan postur dan giginya, harimau ini masih ketegori anakan. Saat ini dalam proses pemeriksaan, dan akan dilepasliarkan nantinya setelah dipastikan sehat," sebut Genman.

Lanjut Genman, menurut laporan petugas disebutkan lokasi tertangkapnya harimau berada di sekitar kawasan penyangga, sehingga wajar saja harimau muncul disekitar lokasi.

Sebelumnya, kata Genman, pihaknya memasang dua alat box trap di Kecamatan Teluk Meranti, Pelalawan ada dua, yakni di Pulau Muda dan di Teluk Lanus.

"Kami menghimbau agar masyarakat sekitar untuk tidak melepasliarkan hewan ternak, yang dapat memancing harimau keluar," pinta Genman.

Ia menginformasikan, pihaknya memutuskan setelah dilakukan pemeriksaan. Harimau tidak perlu dilakukan uji laboratorium dan hanya dilakukan di lokasi.-dnr