Google Doodle Hari Ini Tampilkan Tokoh Melayu Raja Ali Haji


Sabtu, 05 November 2022 - 19:27:53 WIB
Google Doodle Hari Ini Tampilkan Tokoh Melayu Raja Ali Haji Google Doodle Raja Ali Haji/foto:screenshoot

RIAUIN.COM - Halaman Google Doodle pada hari, Sabtu (5/11/2022) menampilkan  sosok tokoh Melayu Raja Ali Haji bin Raja Haji Ahmad. 

Raja Ali Haji merupakan seorang sejarahwan, cendekiawan, dan penulis terkenal yang memimpin kebangkitan sastra dan budaya Melayu pada abad ke-19.

Karyanya yang paling terkenal adalah Tuhfat al-Nafis, atau “Hadiah Berharga”, yang dianggap sebagai sumber tak ternilai tentang sejarah Semenanjung Melayu.  Sekarang diukir di batu nisannya untuk dibaca orang saat berkunjung.

Karya fenomenal yang berjaya dan terkenal pada zamannya adalah Gurindam Dua Belas yang dibuat pada tahun 1847.

Karya tersebut ditulis ketika Ali Haji bin Raja Haji Ahmad berusia 38 tahun di Pulau Penyengat, Kepulauan Riau.

Mahakarya Sastra ini terdiri atas 12 pasal dan dikategorikan sebagai puisi didaktik berisikan nasihat dan petunjuk menuju hidup mulia yang diridhai Allah.

Raja Ali Haji lahir sebagai pangeran Bugis-Melayu pada tahun 1809 dari keluarga ulama. Ketika dia masih muda, keluarganya pindah ke Pulau Penyengat. Ia belajar dengan ulama dari Kesultanan Riau-Lingga dan diakui sebagai siswa yang berbakat.  

Sebagai seorang remaja, Raja Ali menemani ayahnya dalam misi ke Jakarta, serta ziarah ke Mekah.  Keduanya adalah bangsawan Riau pertama yang mencapai prestasi ini.

Pada tahun 2004, Raja Ali mendapat penghargaan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia atas kontribusinya pada bahasa, sastra, budaya Melayu, dan sejarah Indonesia.

Ia ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional melalui keputusan Presiden RI No. 089/TK/Tahun 2004 yang menyatakan bahwa Ali Haji bin Raja Haji Ahmad adalah Pahlawan Nasional.-dnr/mcr