Pastikan Hak Pilih Buruh Tak Hilang, KPU Kampar Koordinasi dengan Disperinaker


Sabtu, 05 November 2022 - 00:30:19 WIB
Pastikan Hak Pilih Buruh Tak Hilang, KPU Kampar Koordinasi dengan Disperinaker Ketua KPU Kampar Meria Aribeni berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kampar. | Foto : Nazaruddin

RIAUIN.COM- Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Kampar berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kampar dalam menjalankan tugasnya melakukan pendataan pemilih, Jumat (4/11/2022). Hal itu dilakukan ingin memastikan setiap warga negara Indonesia dapat berpartisipasi pada Pemilu 2024 mendatang, tanpa terkecuali mereka para karyawan perusahaan dan buruh perkebunan.

Ketua KPU Kabupaten Kampar, Maria Aribeni mengatakan, koordinasi ini dilakukan untuk memetakan tenaga kerja yang berada di wilayah perusahaan pada hari pemungutan suara tidak dapat menggunakan hak pilihnya sesuai dengan alamat KTP-el, karena pemilih tersebut terkonsentrasi di suatu tempat, seperti di perkebunan dan pertambangan migas.

Beni berharap melalui koordinasi ini bisa diperoleh data tenaga kerja di wilayah khusus kategori tersebut, sehingga pemilih tersebut dapat menggunakan haknya.

"Kita harus menjamin setiap warga negara bisa memberikan hak suaranya pada pemilu nanti, tak terkecuali para buruh dan karyawan perusahaan," ujar Maria Aribeni.

Di lain sisi, Zainal Abidin, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kampar menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada KPU Kabupaten Kampar yang telah berupaya mendata pemilih yang berada di wilayah khusus ini.

Pihaknya berjanji dalam waktu dekat akan memberikan data yang diminta serta akan memfasilitasi KPU untuk berkoordinasi secara langsung dengan para pimpinan perusahaan untuk akurasi data sebagaimana yang diharapkan. Disadari, masih terdapat kekurangan data yang dimilikinya.

"Kita akan fasilitasi KPU dengan pihak perusahaan guna mendapatkan data akurat," tutur Zainal Abidin.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Seksi Perizinan Industri Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kampar, Irwan Muhammad, Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Kampar, Andi Putra, Kassubag Perencanaan Data dan Informasi, Nurhayati, beserta Staf Perencanaan Data dan Informasi, A Rofik.-naz