Sebanyak 187 Napi di Rutan Siak Mendapatkan Remisi, 8 Diantaranya Dinyatakan Bebas


Jumat, 18 Agustus 2017 - 09:57:28 WIB
Sebanyak 187 Napi di Rutan Siak Mendapatkan Remisi, 8 Diantaranya Dinyatakan Bebas
Siak, Riauin.com - Bupati Siak Syamsuar kunjungi lapas Siak usai melaksanakan Upacara Penaikan Bendera HUT ke 72 RI. Kedatangan beliau tersebut dalam rangka Pemberian Remisi kepada sejumlah Napi yang ada di Rutan Siak, Kamis(17/8/2017).

Turut hadir, Wakil Bupati Siak Alfedri, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Kajari Siak, Wakapolres Siak, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak T.S Hamzah, serta Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak.

Kepala Rutan Siak Sugianto SH mengatakan,untuk yang mendapatkan Remisi sebanyak 187 orang yang 8 diantaranya dinyatakan bebas.sedangkan kondisi rutan berkapasitas 128 orang sekarang telah mencapai 550 yang over kapasitas.

"Rutan juga berfungsi untuk menyiapkan napi menjadi mandiri, sehingga ketika keluar bisa menjadi manusia yang bertanggug jawab dengan tujuan membentuk menjadi manusia seutuhnya dan tidak mengulangi tindak pidana serta dapat hidup secara wajar yang bertanggung jawab," kata Sugianto.

Bupati Siak Syamsuar dalam sambutannya mengatakan hari, bertepatan dengan hari ini kita menyaksikan bersama penyerahan remisi kepada narapidana sesuai dengan surat keputusan dari Mentri Hukum dan Ham,selain itu pula,bersamaan tema pada peringatan HUT RI "Kerja Bersama", apa yang diharapkan dari pemerintah untuk kedepan harus sesuai dengan harapan, untuk itu kita harus mengisi dengan berbagai pembangunan yang selalu bekerja sama sehingga bisa diwujudkan.

"Kami mengajak kita semua sesuai dengan masing masing profesi bisa memberikan peningkatan layanan kepada masyarakat, dengan kebersamaan kita membangun negeri ini dimasa yang akan datang sehingga bisa sejajar dengan negara maju," sebut Syamsuar.

Ia juga mengharapkan, bersamaan dengan momen ini pula kita bersama sama untuk menjaga kesatuan persatuan bangsa sehingga bisa menambah semangat patriotisme, untuk itu semangat ini harus ada di dalam hati kita terutama pada generasi muda penerus bangsa.

Harapan kami di tengah kita membangun ekonomi belum membaik, atas kekompakan kita bersama apa pun kesulitan yang dihadapi negara kita dapat kita atasi sebagai bentuk perjuangan kita bersama," terang Syamsuar.

"Selamat kepada yang akan meninggalkan rutan, terutama yang menapatkan remisi, sehingga kami berharap agar bisa menyesuaikan dengan masyarakat. Selamat kepada yang bebas pada hari ini, apa lagi selama dirutan juga mendapat pembinaan untuk bekerja.jangan kita berpangku tangan sesuai dengan kemampuan," kata Syamsuar.

Atas usulan kepala rutan, Syamsuar mengatakan mesti ada upaya, tentunya ada lahan akan diserahkan kepada kakanwil sehingga Pemkab Siak akan selalu mensuport dan menyambut baik. Selain itu, Syamsuar berharap kementrian Hukum dan Ham bisa memprioritaskannya.