Terungkap! Fakta Dibalik Anak Minggat yang Nyaman Berada di Rumah Nursal Tanjung


Kamis, 03 November 2022 - 21:22:39 WIB
Terungkap! Fakta Dibalik Anak Minggat yang Nyaman Berada di Rumah Nursal Tanjung Dua anak saat mediasi di ruang Dinas PPPA Riau/foto: Ferdian

RIAUIN.COM - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI) Riau, Nursal Tanjung akhirnya buka suara terkait kisruh antara dua anak perempuan dengan pihak keluarga yang belakangan santer diperbincangkan publik.

Kepada sejumlah awak media di Pekanbaru, Nursal Tanjung mengungkapkan bahwa terhadap kedua anak dari Abdul Rahman inisial F (20) dan PAL (12) itu dirinya murni untuk menolong dan berusaha untuk menyelamatkan mereka. Karena, kata Nursal, kedua anak tersebut mengaku tidak nyaman lagi tinggal dengan kedua orangtuanya dan lebih memilih tinggal bersama anak-anak dan keluarganya. 

"Kedua anak ini tinggal dirumah bersama dengan anak-anak saya. Bahkan F saat ini sudah saya kuliahkan di salah satu kampus di Pekanbaru," ujar Nursal, Kamis (3/10/2022).

Dijelaskannya, kenapa dia terseret dalam permasalahan ini, dengan tegas Nursal menjawab hal itu karena dirinya dilaporkan ke Dinas PPPA Riau oleh orangtua kedua anak tersebut.

"Saya dilaporkan mereka (orangtua anak, red) ke PPPA dan PPPA melakukan pemanggilan kepada saya. PPPA meminta saya hadir untuk memberikan keterangan. Pada saat saya dipanggil, saya juga menghadirkan kedua anak tersebut. Pada awalnya pasti orang mengira yang tidak benar itu adalah saya, tapi setelah saya diperiksa, apakah anak ini dalam tekanan, apakah anak ini berbohong, dibuktikan dengan pemeriksaan psikolog yang profesional. Faktanya ternyata semua yang dituduhkan ke saya itu tidak benar," lanjut Nursal.

Kemudian, kata Nursal, saat mediasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) UPT Perlindungan Anak pada Rabu (2/11/2022) kemarin, kedua anak tersebut tetap tidak mau kembali kepada kedua orangtua mereka dan saat ini mereka ditempatkan di rumah perlindungan Dinas PPPA.

"Ada apa ini? Orang PPPA sepertinya sangat peduli sama si anak ini. Mereka bekerja sesuai undang-undang di negara ini. Satu hal lagi, mereka juga nggak mau mempertaruhkan jabatannya dengan resiko dia dipecat. Nggak akan mungkin dia (PPPA, red) demi membela saya mau mempertaruhkan posisinya," jelas Nursal.

Dalam masalah ini, ada hal-hal yang tidak perlu dikonsumsi oleh publik terkait permasalahan yang dialami kedua anak tersebut.

"Tapi yang jelas, mereka mengaku sudah tidak nyaman lagi tinggal dengan keluarganya. Kalau mengenai apa alasannya, itu hanya PPPA yang tau, karena kasus ini sepenuhnya ditangani oleh PPPA" tutup Nursal.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) UPT PPPA Bidang Tindak Lanjut, Iin Rafida saat di konfirmasi wartawan tidak mau memberikan keterangan terkait hasil mediasi kemarin. Ia berdalih bahwa hal itu sifatnya rahasia dan demi menjaga privasi sang anak.

"Hasil mediasi tidak bisa kami ungkap ke publik karena bersifat rahasia, maaf ya," katanya.

Iin juga menyesali aksi oknum di Dinas PPPA yang sudah mencakar dan menghalang-halangi wartawan dalam melakukan peliputan.

"Sekali lagi kepada rekan-rekan, saya meminta maaf atas tindakan yang dilakukan pegawai kami, karena itu murni menjaga privasi," pintanya.-dnr