Bupati Siak Apresiasi Pawai Karnaval tahun 2017


Kamis, 17 Agustus 2017 - 06:50:02 WIB
Bupati Siak Apresiasi Pawai Karnaval tahun 2017
SIAK, Riauin.com - Ribuan peserta pawai karnaval dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-72 tahun, di Negri Istana berlangsung meriah.

Pelepasan pawai karnaval ini dipusatkan didepan RSUD Tengku Rafian Jalan Raja Kecik Kota Siak Sri Indrapura,Rabu (16/08/2017) .

Tampak ribuan peserta karnaval memadati jalan raja kecik yang mengikuti festival pawai karnaval, Ragam pakaian daerah se-nusantara menghiasai peserta pawai karnaval tahun 2017 ini.

Terlihat antusias masyarakat kota siak juga ucukup tinggi, ini terbukti ribuan masyarakat kota Siak tumpah ruah turut menyaksikan disepanjang Jalan Raja Kecik.

Bupati Siak H. Syamsuar seusai melepas peserta karnaval didepan Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafian, mengapresiasi acara karnaval pada tahun ini.

Menurutnya karnaval ini dilakukan untuk menumbuhkan semangat generasi muda terutama para pelajar akan lebih cinta dengan tanah air Indonesia. “Dalam rangka merekat persatuan dan kesatuan bangsa, menjaga jiwa patriotisme, dan nasionalisme yang di mulai pada anak-anak para pelajar siswa agar mereka senantiasa cinta tanah air,"katanya.

Hal seperti ini menurut bupati, nilainya sangat bermakna dalam rangka memelihara kesatuan dan kesatuan NKRI sekaligus anak-anak akan cinta pada bangsanya.

Sementara itu laporan ketua panitia karnaval tahun 2017 yang di sampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Siak Suprapto menyebutkan tema pawai karnaval pada tahun 2017 ini adalah ragam budaya nusantara  dipilihnya tema ini bertujuan, untuk mengenalkan ragam budaya kepada siswa/siswi mulai tingkat TK sampai dengan tingkat SLTA.

Peserta yang mengikuti pawai karnaval ini berasal dari siswa/siswi dua kecamatan yaitu Kecamatan Siak dan Mempura dengan rincian jumlah sekolah yang ikut memeriahkan untuk TK RA dengan berjumlah 16, SD MI berjumlah 23, SMP/MTS berjumlah 9, SMA/MA berjumlah 5,dan SMK berjumlah 3. dengan total jumlah peserta pawai karnaval sebanyak 5600 peserta. Tahun ini festival karnaval diperlombakan dan pemenangnya akan memperoleh hadiah untuk juara 1,2,3 diberikan berupa tropi dan sertifikat.

Selain acara tersebut dihadiri oleh Bupati Siak H. Syamsuar juga tampak hadir Wakil Bupati Siak H. Alfedri,  Ketua DPRD Siak Indra Gunawan dan pimpinan OPD Siak.

Rombongan pawai karnaval peserta pawai nya berakhir di depan Mesjid Al-Fatah Jalan Sutomo untuk peserta tingkat TK dan SD sedangkan peserta tingkat SMP dan SMA sederajat akan berakhir di turap pasar Siakm Direncanakan pada tahun depan setiap kecamatan akan di utus untuk mengirimkan peserta pawai karnavalnya.(mcr)