Punya KTP Pelalawan, Pemkab Jamin Layanan Kesehatan Gratis


Rabu, 12 Oktober 2022 - 21:31:44 WIB
Punya KTP Pelalawan, Pemkab Jamin Layanan Kesehatan Gratis Bupati Pelalawan, Zukri saat menerima kunjungan WPR, Selasa (11/10/2022). | Foto : ovie

RIAUIN.COM- Pemerintah Kabupaten Pelalawan beri jaminan kepada masyarakatnya untuk mendapatkan layanan kesehatahn gratis. Syaratnya, wajib punya Kartu Tanda Pendudukan (KTP) yang dikeluarkan Disdukcapil Kabupaten Pelalawan.

Kebijakan ini merupakan program unggulan Bupati Zukri berkerja sama dengan BPJS yang dilaunching bertepatan dengan peringatan Hari Jadi ke-23 Kabupaten Pelalawan, tepat pada Rabu (12/10/2022).  

"Pemerataan layanan kesehatan merupakan salah satu program prioritas Pemkab Pelalawan. Salah satunya diwujudkan lewat program layanan kesehatan gratis untuk seluruh masyarakat Pelalawan. Masyarakat tak harus bayar saat berobat di pusat layanan kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, cukup menunjukkan KTP saja. Boleh dikatakan ini kado istimewa kami untuk masyarakat Pelalawan," ujar Bupati Pelalawan, Zukri saat menerima kunjungan Wartawan Parlemen Riau (WPR) di kediamannya, Komplek Perkantoran Bupati, Selasa (11/10/2022).

Mendukung program layanan kesehatan gratis, Pemkab Pelalawan telah mengalokasikan anggaran cukup besar agar kelompok peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan. Mereka yang mendapat PBI BPJS Kesehatan adalah masyarakat tidak mampu, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang tak bisa berobat karena keterbatasan ekonomi.

Program ini merupakan niatnya sejak awal, bahkan sebelum dirinya menjadi terpilih menjadi bupati. Atas komitmen memberikan keadilan perolehan kesehatan untuk masyarakat itu, Pemkab Pelalawan mendapat penghargaan dari pihak BPJS Kesehatan. Penghargaan itu adalah Universal Health Coverage (UHC).

"Pemkab Pelalawan telah berhasil menjamin 100 persen kesehatan warganya. Penghargaan ini diserahkan oleh BPJS Kesehatan di moment peringatan HUT Pelalawan ke-23. Penghargaan ini merupakan kado istimewa bagi kami dan seluruh masyarakat Pelalawan," ujarnya.

Bersempena peringatan HUT ke-23 Pelalawan, Pemkab Pelalawan menyelenggaran beberapa rangkaian kegiatan selama 5 hari sejak tanggal 8-12 Oktober 2022. Helat itu dipusatkan di lapangan IPAL PDAM milik dinas PUPR Pelalawan. Ada dua kegiatan utama yakni pameran pembangunan dan panggung hiburan meliputi kegiatan seni budaya.

Sedangkan malam puncak diadakan panggung hiburan ini dimeriahkan oleh artis dan seniman lokal Kabupaten Pelalawan. Tak tanggung-tanggung, di panggung hiburan panitia mengundang penyanyi cilik ibukota yang sedang naik daun Farel Prayoga dan beberapa artis ibukota lainnya. -vie