Soal Pengadaan Mobil Dinas Baru di Pemprov Riau, Syamsuar Malu Sewa Terus


Selasa, 11 Oktober 2022 - 20:20:03 WIB
Soal Pengadaan Mobil Dinas Baru di Pemprov Riau, Syamsuar Malu Sewa Terus Gubernur Riau, Syamsuar/foto:screenshoot video by Ferdian

RIAUIN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov)  Riau menganggarkan akan membeli sejumlah mobil dinas baru bagi sejumlah pejabat di Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) dan untuk kendaraan tamu.

Untuk diketahui bersama, Pemprov Riau akan membeli beberapa unit mobil dinas pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2022.

Terkait hal ini, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa sebagian besar dari mobil dinas Pemprov Riau sudah berusia lebih dari 10 tahun. 

"Jadi untuk dimaklumi saudara-saudara mobil dinas kita ini ada yang (berusia, red) lebih 10 tahun, jadi mobil ini banyak yang sudah tidak layak. Sudah itu setiap ada tamu, sewa," ujarnya usai menghadiri acara Pemusnahan Arsip di Lingkungan Pemprov Riau di Ruang Bedah Buku lantai 3 Gedung B Dispersip Riau, Selasa (11/10/2022).

Katanya, atas dasar itulah mobil-mobil yang sudah uzur dan sering rusak itu perlu diganti, apalagi sebagian sudah banyak yang dilelang.

"Jadi karena itulah jadi perlu berganti mobil ini, karena itu jadi sudah sewajarnya juga, untuk dimaklumi, mobil dinas ini juga sudah banyak dilelang, termasuk mobil saya sendiri. Jadi artinya, mobil-mobil yang sudah banyak kadaluwarsa ini, sudah sepatutnya dilelang dan banyak rusak. Selalu diperbaiki dan selalu kalau datang tamu kita harus nyewa," papar Gubri.

Ia juga merasa malu kalau setiap ada tamu kehormatan yang datang, Pemprov Riau selalu menyewa mobil sehingga menimbulkan biaya tambahan.

"Jadi karena itu tentunya perlu ada mobil, apalagi kalau mobil yang dibelinya termasuk mobil untuk tamu. Kadang-kadang malu juga kita, setiap ada tamu sewa dan itu costnya bertambah juga," cetusnya.

Terkait berapa anggaran dan jumlah unit mobil yang dibeli, Syamsuar menjawab tidak mengetahuinya.

"Ah ndak hapal saya tu," tutupnya.-dnr