6 Kelompok Nelayan di Riau Segera Dapat Bantuan 22 Unit Kapal Katinting


Senin, 03 Oktober 2022 - 13:35:32 WIB
6 Kelompok Nelayan di Riau Segera Dapat Bantuan 22 Unit Kapal Katinting Ilustrasi/foto:via mcr

RIAUIN.COM - Sebanyak 22 unit Kapal Katinting akan diserahkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) tahun ini kepada sejumlah nelayan. Penyerahan tersebut ditargetkan terealisasi pada akhir November tahun ini.

Kepala DKP Provinsi Riau, Herman menyebut bantuan tersebut akan diserahkan kepada enam kelompok nelayan di tiga daerah, diantaranya Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Kabupaten Pelalawan dan Kota Pekanbaru. 

"Bantuan 22 kapal katinting kita target akhir November diserahkan ke kelompok nelayan," kata Herman, Senin (30/10/2022). 

Herman mengungkap, bantuan Kapal Katinting ini merupakan dukungan pemerintah dalam meningkatkan daya tangkap ikan nelayan. Saat ini, seluruh Kapal Katinting tersebut sedang dalam proses pembuatan.

"Progres pembuatan sekarang tahap penyelesaian. Insya Allah selesai sesuai kontak November, setelah itu langsung diserahkan kepada enam kelompok nelayan," ungkapnya. 

Adapun keenam kelompok nelayan yang akan menerima bantuan 22 kapal Katinting tersebut yakni, KN Cahaya Fitri, Rengat Barat dan KN Payarumbai Bertuah, Seberida, Kabupaten Inhu masing-masing 4 unit kapal. 

Kemudian, KN Rezeki Berkah, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan 5 unit, KUB Berkah Mina, KUB Nelayan Terpadu, dan KUB Parit Belanda, Kacamatan Rumbai Timur, Kota Pekanbaru masing-masing 3 unit. 

"Kita berharap bantuan kapal Katinting 1 GT tersebut dapat membantu para nelayan meningkatkan perekonomian. Karena itu, kita berharap nantinya bantuan kapal ini dapat dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya," tutupnya.-dnr/mcr