Fikom Umri Jalin Kerja Sama dengan FBI UMK, Siapkan Program S2 Komunikasi


Senin, 26 September 2022 - 07:44:20 WIB
Fikom Umri Jalin Kerja Sama dengan FBI UMK, Siapkan Program S2 Komunikasi Dekan FBI UMK dan Wakil Dekan Fikom Umri berserta kedua tim berfoto bersama seusai pertemuan di Kampus Utama UMK Kelantan, Malaysia.

RIAUIN.COM - Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau (Fikom Umri) sedang menyiapkan program magister (S2) Ilmu Komunikasi yang akan bekerja sama dengan Fakultas Pengajian Bahasa dan Pembangunan Insan (FBI) Universiti Malaysia Kelantan (UMK).

Hal tersebut dibahas dalam pertemuan Wakil Dekan Fikom Umri H Eka Putra ST MSc dengan Dekan FBI Dr Burhan Bin Che Daud, Minggu (25/9/2022), di Kampus FBI UMK Bachok, Kelantan, Malaysia.

Pada pertemuan tersebut terungkap sejumlah rencana kerja sama akademik yang akan dijalankan oleh kedua fakultas terkait. Antara lain kegiatan yang dirancang adalah program pertukaran pelajar, pertukaran tenaga pengajar atau dosen, pengembangan kurikulum, penelitian bersama, dan membuka program magister (S2) Ilmu Komunikasi di Kampus Fikom Umri. 

"Kami sangat senang dengan jalinan kerja sama yang sedang dirancang ini. Memorandum of Agreement atau kesepakatan kerjasama yang akan ditandatangani oleh kedua dekan terkait merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Memorandum of Understanding atau nota kesepahaman antara Umri dengan UMK," kata Wakil Dekan Fikom Umri, Eka Putra, yang hadir bersama Koordinator MBKM Pertukaran Pelajar Umri Asrinda Amalia SIP MSi di Kampus Utama UMK Bachok Kelantan.

Pertemuan tersebut juga berlangsung secara online antara Dekan Fikom Umri  Jayus SSos MIKom dengan Dekan FBI UMK Dr Burhan bin Che Daud.

"Kerja sama ini akan membuat mahasiswa Umri, khususnya Fikom, untuk menimba ilmu dan pengelaman belajar di luar negeri. Sambutan positif Dekan FBI UMK UMK Kelantan ini sangat kami apresiasi, dan insya Allah rancangan program akademik bersama universitas luar negeri berjalan dengan baik, khususnya pertukaran pelajar dan dosen antar kedua lembaga," kata Asrinda yang juga dosen Ilmu Komunikasi Umri.

Sementara itu Dekan FBI Universiti Malaysia Kelantan Dr Burhan Bin Che Daud menyatakan kegembiraannya atas komunikasi yang terbangun bersama Fikom Umri. Salah satu program unggulan dari kerja sama yang sedang dibangun adalah partisipasi FBI UMK dalam membantu Fikom Umri mengembangkan program magister ilmu komunikasi di Kampus Umri.

"Insya Allah kami siap membantu dan bekerja sama. Kami sudah lebih dulu memiliki program Pasca Sarjana hingga strata S3. Seperti apa bentuk kerja samanya akan kita bincangkan bersama pihak Fikom Umri. Apalagi tadi kami juga sudah berkomunikasi langsung dengan Dekan Fikom Pak Jayus melalui saluran internet. Alhamdulillah, kami juga siap bekerja sama dengan Fikom tentang pengembangan kurikulum, pertukaran pelajar dan dosen, penelitian bersama, studi banding akademik dan lainnya" kata Dekan FBI UMK Dr Burhan Bin Cha Daud yang didampingi Ketua Pasca Sarjana FBI Prof Madya Yohan Kurniawan, Ketua Program Studi FBI UMK Dr Azman Bidin.

Ditambahkan Yohan, kerjasama dengan Fikom Umri semakin mengukuhkan keberadaan FBI UMK sebagai kampus berstandar internasional yang bereputasi menyusul kerja sama yang dibangun UMK dengan sejumlah kampus besar di Indonesia dan kawasan Asia lainnya.

Pihak FBI UMK merencanakan akan berkunjung ke Pekanbaru pada pertengahan bulan Desember 2022 mendatang. Pada kunjungan tersebut akan dilaksanakan kegiatan akademik bersama Fikom Umri sekaligus penandatanganan MoA antar kedua fakultas. - vie