Soal Pergantian Sekda dan Kepala OPD, Ini Bocorannya


Sabtu, 01 Oktober 2022 - 23:26:50 WIB
Soal Pergantian Sekda dan Kepala OPD, Ini Bocorannya Penjabat Bupati Kampar, Kamsol

RIAUIN.COM-  Penjabat Bupati Kampar, Kamsol membocorkan peluang pergantian posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Kampar yang kini dijabat Yusri.

Kamsol mengatakan, diganti atau tidaknya Yusri tergantung hasil evaluasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Ia pun mengaku, hingga kini tengah menunggu hasil evaluasi yang sedang berproses di KASN tersebut.

"Ya, ini sedang dilakukan evaluasi oleh KASN. Seperti apa nantinya tunggu la hasil evaluasi KASN itu," ujar Kamsol saat ngopi pagi bersama para wartawan di balai bupati, Jumat (30/9/2022).

Dijelaskan Kamsol, masa jabatan seorang sekda itu tidak dibatasi hanya lima tahun, bila diperlukan dapat diperpanjang. Sebab, lanjut dia, sejauh ini tidak ada aturan yang mengatur seseorang itu boleh menjabat sebagai sekda hanya selama lima tahun.

Saat ditanya, seperti apa pula peluang pergantian para kepala dinas atau badan, Kamsol menjawab, kemungkinan pergantian itu tetap ada. Akan tetapi, mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau ini enggan menjelaskan kapan dan siapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berpeluang akan ia ganti.

Dari informasi yang kami himpun, terhitung akhir 2022 hingga ke pertengahan 2023 tahun depan, tak kurang dari 10 pejabat utama di Kampar yang akan pensiun. Mayoritas dari pejabat-pejabat utama itu merupakan mereka yang saat ini tengah menjabat sebagai kepala dinas atau badan.

Situasi ini tentu saja, suka tidak suka, akan "memaksa" Kamsol melakukan pengisian maupun rotasi sejumlah pos di posisi kepala dinas maupun badan. -naz