Tapanuli Utara Dihoyak Gempa 6 Magnitudo, 24 Kali Goncangan Susulan


Sabtu, 01 Oktober 2022 - 11:47:15 WIB
Tapanuli Utara Dihoyak Gempa 6 Magnitudo, 24 Kali Goncangan Susulan Susana paska di sebuah rumah sakit di Tapanuli Utara/foto:dok. Riauin

RIAUIN.COM - Gempa tektonik berkekuatan 6.0 Magnitude terjadi di wilayah Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (1/10/2022).

Plt Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Dr Daryono mengungkapkan, gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,11° LU ; 98,83° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada kedalaman 10 kilometer.
 
"Dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas  sesar besar Sumatra segmen Renun. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser," ujarnya, Sabtu pagi.
 
Daryono menyebut, gempa ini berdampak dan dirasakan di daerah Tarutung dengan skala intensitas VI MMI Ddan daerah Sipahutar dengan skala intensitas V MMI. Kemudian daerah Singkil dengan skala intensitas IV MMI, Tapaktuan dan Gunung Sitoli dengan skala intensitas III MMI.

"Berdasarkan  informasi sementara gempabumi ini menimbulkan kerusakan pada beberapa rumah warga di Tapanuli. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," paparnya.

Hingga pukul 04.05 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 24 aktivitas gempa susulan dengan magnitudo terbesar M5,1 dan magnitudo terkecil M2,5. 

Ia menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tutupnya.-dnr/rls