Eva Yuliana : Pelatihan P4S Dorong Tingkatkan Kualitas SDM Masyarakat


Jumat, 30 September 2022 - 21:21:52 WIB
Eva Yuliana : Pelatihan P4S Dorong Tingkatkan Kualitas SDM Masyarakat

RIAUIN.COM- Pelatihan dan pembekalan kemahiran sangat penting bagi masyarakat demi meningkatkan kualitas Sumber Daya Masyarakat (SDM) yang akhirnya mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakat. Hal dikatakan anggota DPRD Provinsi Riau asal Kampar, Eva Yuliana saat membuka pelatihan menjahit non institusional di Desa Binuang, Kecamatan Bangkinang pada Selasa (27/9/2022) lalu.

Pelatihan ini dibiayai dari dana aspirasi Eva Yuliana sebagai anggota DPRD Riau tahun 2022. Pelatihan menjahit ini dilaksanakan di dua desa, yakni di Desa Ganting dan kedua pelatihan di Desa Binuang.

Menurut Eva, pelatihan seperti menjahit dan berbagai bidang lainnya sangat bermanfaat bagi masyarakat. Ia berharap kaum ibu peserta latihan menjahit ini dapat membantu ekonomi keluarga dari usaha jasa menjahit, yang nanti akan mereka jalani setelah mengikuti pelatihan ini.

Program pelatihan keahlian seperti menjahit dan berbagai bidang lainnya, harus terus dilakukan oleh pemerintah, terutama Pemerintah Kabupaten Kampar. Dia mencontohkan saat masa kepemimpinan Bupati Kampar Jefry Noer banyak pelatihan keahlian menjadi program pemerintah daerah.

Mulai dari pelatihan bertani, pelatihan berternak, pelatihan budi daya ikan, pelatihan menjahit dan diikuti oleh ribuan masyarakat. Dan pelatihan ini telah pula merubah hidup banyak warga jadi lebih baik.

"Alhamdulillah di masa Bupati Jefry Noer ada pelatihan pelatihan di P4S. Dan Alhamdulillah sudah banyak masyarakat yang sukses setelah ikut pelatihan di P4S ini," sebut Eva Yuliana.

Seperti diketahui,  salah satu program yang digalakkan yakni masyarakat bertani, beternak, membudi daya ikan air tawar serta menjahit. Tidak cukup hanya menggalakkan, Jefry juga melatih masyarakat di Pusat Pelatihan Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Swadaya atau disingkat P4S yang dipusatkan di Desa Kubang Jaya, Siak Hulu.

Selain melatih warga, Pemkab Kampar juga memfasilitasi akses permodalan bagi masyarakat alumni P4S. Banyak alumni P4S ini yang telah sukses di bidang masing-masing. Selama kurun 2011-2016 Pemkab Kampar telah banyak alumni P4S baik para petani petani, pembudi daya ikan, peternak dan penjahit yang kini sukses. Meski begitu ada pula alumni P4S yang juga gagal.-naz