Sudah Banyak Negara Lepas Masker, Kapan RI Nyusul?


Jumat, 30 September 2022 - 19:30:50 WIB
Sudah Banyak Negara Lepas Masker, Kapan RI Nyusul? Ilustrasi

RIAUIN.COM - Menyusul kabar akhir pandemi COVID-19 sudah di depan mata sebagaimana pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sejumlah negara telah melonggarkan protokol kesehatan. Salah satunya, dengan mencabut kewajiban penggunaan masker. Kira-kira, kapan Indonesia bakal ikut bebas masker?

Menjawab itu, Kementerian Kesehatan RI menegaskan penggunaan masker adalah bagian dari protokol kesehatan. Sebagaimana kesepakatan di banyak negara, hal itu juga dibarengi protokol berupa mencuci tangan, menjaga jarak, dan sederet upaya lainnya terkait pencegahan COVID-19.

Juru bicara Kemenkes RI, Mohammad Syahril menegaskan, negara-negara yang mencopot aturan masker telah berlandaskan pertimbangan tertentu. Begitu pun di Indonesia, aturan masker yang masih berlaku hingga sekarang adalah dengan pertimbangan mencegah risiko.

"Sekarang permasalahannya kalau negara asing melakukan pelonggaran-pelonggaran, itu ada bagian dari kewenangan mereka dan tentu saja mereka punya dasar termasuk kita. Kita juga punya dasar yang kuat bahwa protokol kesehatan harus menjadi bagian dari pengendalian COVID-19, sehingga Presiden mengingatkan kita jangan tergesa-gesa," bebernya dalam konferensi pers virtual terkait Update Penanganan COVID-19, Hepatitis Akut dan Cacar Monyet, Jumat (30/9/2022) dikutip dari detik.

"Kita pikirkan matang-matang karena kita tidak ingin terjadi suatu risiko. Kita tunggu saja, mudah-mudahan langkah ke depan kapan kita melonggarkan masker, kan dulu pernah ada kita melonggarkan masker di tempat terbuka, sekarang kita pasang lagi karena situasi nasional mengharuskan begitu," pungkas Syahril. (*)