Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, KPU Riau Gelar Rakor Bahas DPB dan Siak 


Selasa, 20 September 2022 - 22:16:55 WIB
Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, KPU Riau Gelar Rakor Bahas DPB dan Siak 

RIAUIN.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menggelar rapat koordinasi bersama KPU kabupaten/kota, terkait Tindak Lanjut Hasil Pemadanan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) dan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), Selasa (20/9/2022). Rakor tersebut untuk Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan yang merupakan bagian dari tahapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih yang akan dimulai pada 14 Oktober 2022 hingga 21 Juni 2023.

Pertemuan yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Lt. 2 Kantor KPU Riau tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir yang didampingi oleh Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Abdul Rahman, Kabag dan Kasubbag di Lingkungan KPU Riau serta Operator Sidalih. Dari KPU Kabupaten/Kota hadir Anggota KPU dan Kasubbag Perencanaan dan Data serta Operator Sidalih.

Rapat dibuka Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir. Dalam sambutannya Ilham menyampaikan, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan agar diperoleh data yang padan antara DPB dengan SIAK. 

"Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan mengingat pentingnya keakuratan daftar pemilih dalam sebuah Pemilu. Diharapkan saat DP4 turun, kita sudah memiliki data yang bersih sebagai data sandingan," ujar Ilham.

Tampak hadir juga Perwakilan dari Dinas PMD Dukcapil Provinsi Riau Multi H Tintin (Kabid Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan) dan Dwi Setiawati (Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk). Pada kesempatan tersebut Multi mewakili Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Riau juga menyerahkan Data Agregat Kependudukan (DAK) Provinsi Riau Semester I Tahun 2022 kepada KPU Riau yang diterima langsung oleh ketua Ilham Muhammad Yasir. 

Di akhir rapat juga dibuka sesi tanya jawab terkait permasalahan-permasalahan yang mungkin ditemui para operator SIDALIH dalam melakukan pemadanan data DPB dan SIAK. -rls, vie