Jalan Ditempat, Kasus Hotel Kuansing Masih Menunggu Hasil Audit


Senin, 19 September 2022 - 16:09:32 WIB
Jalan Ditempat, Kasus Hotel Kuansing Masih Menunggu Hasil Audit Kondisi Hotel Kuansing

RIAUIN.COM- Pengusutan kasus dugaan korupsi pembangunan Hotel Kuansing masih jalan di tempat. Kendati telah memeriksa beberapa orang saksi, namun penyidik Kejari Kuansing belum menetapkan calon tersangka, karena masih menunggu hasil auditor.

Hal tersebut dikatakan oleh Kajari Kuansing Nurhadi Puspandoyo SH MH kepada Riauin.com melalui pesan WhatsApp, Senin (19/9/2022).

"Hotel kami masih minta audit ke inspektorat provinsi. Tanggal 15 September baru saya nanya  perkembangan dan belum ada jawaban," kata Kajari Puspandoyo menjelaskan.

Dikatakanya, kasus dugaan korupsi hotel tersebut saat ini sudah naik statusnya ke penyidikan. Namun untuk menetapkan calon tersangka, pihaknya masih terkendala hasil audit dari pihak berwenang.

PLT Bupati Minta Kepastian Hukum.

Sementara itu, PLT Bupati Kuansing Suhardiman Amby mengaku menunggu kepastian hukum terhadap sejumlah aset mangkrak sampai saat ini. Seperti Hotel Kuansing, Uniks dan Pasar Berbasis Modern.

Menurut Suhardiman, sejatinya sejumlah aset itu bisa dimamfaatkan, namun karena masih dalam pengusutan oleh penyidik, sehingga Pemda Kuansing belum bisa untuk mengelolah secara maksimal.

"Yang tak cukup BB kita minta di kembalikan agar bisa di kelola. Biar bisa kita mamfaatkan," kata Suhardiman.

Menurut dia, ada sekitar Rp419 miliar nilai proyek yang diduga bermasalah. Termasuk tiga pilar. "Kasian Rp 419 M usng daerah disitu," tutupnya.

Tak Terawat.

Kondisi Hotel Kuansing saat ini sangat memprihatinkan. Semak belukar mengelilingi seluruh bangunan tersebut. Bahkan gangunan Gedung Abdoer Rauf yang bersebelahan dengan bangunan hotel tersebut nyaris tertutupi semak belukar.

Tak hanya itu, beberapa jendela hotel terlihat rusak parah. Dari kondisi berdasarkan pantauan dilapangan hotel Kuansing sepertinya tidak terawat sama sekali.-hen