Ikuti Lomba Zapin Internasional di Malaysia, Tim Zapin dari Pelalawan Riau Raih Juara 2


Selasa, 13 September 2022 - 12:15:32 WIB
Ikuti Lomba Zapin Internasional di Malaysia, Tim Zapin dari Pelalawan Riau Raih Juara 2 Tim kesenian Osam Art Community dari Pelalawan Riau.

RIAUIN.COM -  Zapin Riau berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam ajang kesenian internasional. Perkumpulan Osam Art Community Pelalawan Riau meraih Anugrah Emas Kedua Nusantara dalam Pertandingan Tingkah Geruh Akar Kita Zapin Nusantara yang digelar di 
Negeri Johor Malaysia.

Tingkah Geruh Akar Kita Zapin adalah program yang di buat oleh Persatuan Titah Seni Malaysia “Malay World Cultural Paradise” dibawah binaan Noraniza Idris.

Ajang tersebut berlangsung pada 9-11 september 2022 di Aeon Mall Tabaru City Johor Bahru Malaysia.  Program Festival Tingkah Geruh Akar Kita Zapin 2022 Nusantara ini diikuti delegasi dari empat negara, masing-masinh 5 dari Malaysia (Sesumpahan, Sang Peningkah Arts Talent Production, Kesuma Tari Akar Seni Malaysia), 1 dari Indonesia (Osam Art Community Pelalawan Riau), 1 dari Brunei Darussalam (PESTAB), dan 2 dari Singapura (Era Dance Theater Singapura Zapin Langkah Bertingkah, Tari Melayu Persatuan Rakya Zapin Seri Gadis).

Imam Aminuddin selaku official Osam Art Community Riau mengatakan, ajang tahun ini adalah merupakan pelaksanaan musim kelima Tingkah Geruh Akar Kita Zapin Peringkat Nusantara. Ajang tahunan ini digelar dalam rangka melestarikan dan juga memgenalkan kebudayaan yang ada di masing-masing negara, terutama dalam ragam tradisi zapin dan mengajarkannya kepada genrasi muda. 

Gelaran ini juga menjadi wadah mengeratkan silaturrahim antara seniman- seniman serta budayawan yang ada di nusantara dengan melalui pertukaran budaya. 

'Alhamdulillah pada musim kelima ini Indonesia berhasil mendapatkan Anugrah Emas Kedua Nusantara dalam ajang Tingkah Geruh Akar Kita Zapin 2022," kata Imam Aminuddin, Selasa (13/9/2022).

Dikatakan Imam, selain pertandingan persahabatan antara negara ASEAN, even ini juga akan menjadi usaha untuk melestarikan budaya serta membina dasar kebudayaan dari generasi muda.

Tim Tari Zapin Osam Art Community Pelalawan Riau dibina oleh Nurfauziah MPd. Delegasi yang berangkat dari Indonesia adalah Imam Aminuddin SIKom (Official), dr syaifullah, MKM (Ketua), Faizal Andri, Nurfauziah (koreografer), Zalvandri (komposer), Tengku Said Muhammad Ilham, Ulfa Hutri,  Syyida Nafisa, Nurzikri Noval Herino,  Yunimardiah, Faizal Andri, Yusar Nakif, Anggi jelita (penari), Rakis Fadli, Aulia Fadilatur Azhar, Lucky Satria Maulana (pemusik).

'Selamat kepada tim Indonesia atas Anugerah Emas Kedua Nusantara dalam ajang Tingkah Geruh Akar Kita Zapin Nusantara Musim Ke Lima. Hasil ini diluar dugaan. Dalam sejarah Akar Kita Zapin, ini pertama kali Indonesia berada di top 2," kata Noraniza Idris. - rls