Serobot Lahan Warga di Rohul, Massa Demo Kejati Riau


Senin, 05 September 2022 - 15:34:16 WIB
Serobot Lahan Warga di Rohul, Massa Demo Kejati Riau Demo Aliansi Masyarakat Rokan Hulu di depan Kejati Riau/foto:dnr

RIAUIN.COM - Puluhan warga yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Terpadu Rokan Hulu (Rohul) berunjukrasa di depan gedung Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Senin (5/9/2022).

Selain menggelar aksi demo, mereka juga melaporkan ada dugaan penyerobotan lahan seluas 311 hektar yang dilakukan oleh oknum DA.

Koordinator Umum Aliansi Masyarakat Terpadu Rohul, Samian menyebut, massa juga mendesak Kapolda dan Kejati Riau Usut tuntas adanya dugaan Exploitasi Hutan Kawasan Produksi Terbatas (HPT) Kalam Ampaian Bonang Yang terletak Di Desa Lubuk Napal Kecamata Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu.

"Adanya dugaan memanipulasi SKGR sebagai alas hak untuk menguasai Kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) Kalam Ampaian Bonang dengan mencatut beberapa nomor SKGR," ujarnya.

Kemudian, kata Samian, pihaknya juga menduga adanya pencatutan nama dan pemalsuan tanda tangan dalam pembuatan SKGK/SKGR sesuai dengan pernyataan masyarakat setempat dan pernyataan kepala Desa.

Selain itu, adanya dugaan menggunakan koperasi fiktif dalam pengelolaan Hutan Kawasan Terbatas (HPT) Kalam Ampaian Bonang dengan nama koperasi Produsen Karya Surau Gading.

"Terakhir, adanya dugaan pengamplangan Pajak Negara di atas tanah Kawasan dengan penghasilan kebun sawit seluas kurang lebih 311 Hektar selama 16 tahun yang menyebabkan kerugian negara," tutupnya.

Kasi Penerangan dan Hukum (Penkum) Kejati Riau, Bambang menyambut baik kedatangan massa pendemo. Bambang menyebut, Kejati Riau mendengarkan tuntutan dan aspirasi masyarakat Rohul. Ia meminta perwakilan dari aksi massa untuk memasukkan laporan ke PTSP Kejati Riau.

"Untuk tertib administrasi, dari bapak ibu (diminta perwakilan, red) tiga orang untuk menyampaikan pernyataan sikap atau tuntutan ke PTSP," ujarnya singkat.-dnr