25 Motif Telah Dipatenkan, 20 Motif Milik Batik Nagori


Senin, 05 September 2022 - 13:22:18 WIB
25 Motif Telah Dipatenkan, 20 Motif Milik Batik Nagori Kadisperindagkop Azhar Ali

RIAUIN.COM- Pemilik Batik Nagori melaporkan beberapa usaha batik yang diduga telah menjiplak motif batik miliknya. Motif batik yang telah dipatenkannya ke Kemenkumham dijiplak dan diprinting secara masal oleh pelaku usaha.

Surmayanti selaku owner Batik Nagori lantas melaporkan sejumlah pihak yang telah mencuri motif batiknya atas pelanggaran hak cipta ke Polda Riau pada tanggal 17 Agustus 2022 lalu.

Kasus dugaan pelanggaran hak cipta itu sebenarnya telah berlangsung sejak lama. Bahkan Dinas Perdagangan Kabupaten Kuansing pernah mengingatkan pihak pihak yang melakukan penjiplakan agar menghentikan kegiatan tersebut. Namun sampai detik ini penjiplakan itu tetap saja berlanjut.

"Mengenai dugaan pelanggaran hak cipta beberapa motif batik yang dituangkan dalam bentuk kain printing sebenarnya kita dari dinas yang membidangi industri dan perdagangan beberapa bulan yang lalu sudah memanggil beberapa pelaku usaha printing, dan kita sudah sosialisasikan tentang  beberapa motif batik yg sudah memiliki hak Cipta," kata Kadis Perdagangan dan Industri Azhar Ali kepada Riauin.com melalui pesan WhatsApp, Sabtu (3/9/2022) lalu.

Saat pemanggilan lalu, Azhar mengaku telah memperingati pelaku usaha agar jangan melakukan mengkomersilkan hasil ciptaan orang lain. Karena itu merupakan pelanggaran berat.

"Kalau hak cipta orang lain kita pakai dan kita komersilkan tanpa seizin pemilik hak cipta, itu akan berkonsekwensi hukum," ujar Azhar.

Dikatakannya, pedagang atau orang yang berjualan kain bermotif seperti batik yang disebut kain printing, itu sah sah saja sepanjang motif yang dikomersilkan itu adalah motif milik sendiri atau motif yang belum terdaftar sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Tapi kalau motif kain printing itu adalah motif yang sudah memiliki dan terdaftar sebagai HAKI orang lain,

"Ini yang tidak boleh. Kita harus menghargai hak cipta orang lain, karena untuk menciptakan sebuah motif itu bukanlah hal yang mudah," ujar Azhar.

Azhar menjelaskan, sampai saat ini ada 25 motif batik yang dipatenkan  dan 20 Motif diantaranya milik Batik Nagori.

" Lima motif milik  kelompok Batik Anak Lebah," pungkas Azhar. -hen