Terpapar Covid-19, Menkes Budi Sadikin Jalankan Isoman


Selasa, 30 Agustus 2022 - 07:51:43 WIB
Terpapar Covid-19, Menkes Budi Sadikin Jalankan Isoman Menkes Budi Sadikin/foto:via mcr

RIAUIN.COM - Menteri Kesehatan Budi G Sadikin saat ini sedang melakukan isolasi mandiri setelah hasil tes PCR beliau hari ini (29/8/2022) menunjukkan hasil positif Covid-19.
 
Menkes mengatakan bahwa, keterbukaan terhadap status Covid-19 merupakan bentuk tanggung jawabnya sebagai pejabat publik. Hal ini agar penularan Covid-19 bisa segera diputus dan tidak semakin meluas.
 
''Karena siapa pun dapat tertular dan menularkan Covid-19. Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk membantu memutus rantai penularannya dengan segera melakukan swab tes dan, jika hasil tes-nya positif, langsung melakukan isolasi mandiri,'' ujar Menkes dalam keterangan tertulis, Senin (29/8/2022). 
 
''Mohon doanya agar saya dapat segera pulih kembali,'' tuturnya.
 
Sebagaimana tatalaksana Covid-19 pada umumnya, Menkes akan melakukan isolasi mandiri sampai dinyatakan negatif Covid-19. Selama isolasi mandiri, Menkes tetap akan menjalankan aktivitas sebagaimana biasa melalui ranah virtual.
 
Menkes Budi bukan pejabat publik pertama yang menjadi korban Covid-19, namun ini merupakan pertama kalinya Menkes Budi terkonfirmasi Covid-19 sejak menjabat pada Desember 2020 lalu.
 
Mobilitas yang sangat tinggi dan pertemuan dengan banyak pihak menjadi penyebab Menkes rentan terpapar Covid-19.
 
Pihak-pihak yang beriteraksi dengan Menkes Budi dalam beberapa waktu terakhir telah diberikan informasi terkait kondisi Menkes, serta diminta untuk segera melakukan tes swab dan isolasi mandiri.
 
Walau terjangkit Covid-19, kondisi Menkes saat ini relatif sehat berkat program vaksinasi dan booster. Vaksinasi tidak menjamin individu terbebas sepenuhnya dari Covid-19, namun berkhasiat untuk mencegah gejala sakit yang parah dan tidak harus dirawat di rumah sakit.-dnr/mcr