430 Peserta Ikuti UIR Open Archery Cup 2022


Ahad, 28 Agustus 2022 - 07:09:27 WIB
430 Peserta Ikuti UIR Open Archery Cup 2022 Foto via mcr

RIAUIN.COM - Lima Provinsi ambil bagian dalam UIR Open Archery Cup 2022 yang diselenggarakan di Gelanggang Olahraga Panahan UIR. Turnamen itu digelar sejak tanggal 25 Agustus 2022 hingga 28 Agustus 2022. 

Sebanyak 430 orang dari tingkat SD, SMP, SMA, Mahasiswa, Karyawan atau Dosen dan umum ikut berpartisipasi dalam turnamen ini.

Lima kontingen tersebut berasal dari Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jambi, Kepri, dan Riau. 

Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL diwakili Wakil Rektor III Dr Admiral SH MH saat membuka acara mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan UIR Archery Club ini merupakan rangkain Milad ke 60 UIR dan Dies Natalis UIR pada 4 September mendatang.

"UIR Open Archery Club adalah salah satu event pertandingan yang masuk ke dalam rangkaian Dies Natalis Milad UIR ke 60 Tahun, melalui event ini semoga dapat melahirkan atlet-atlet panahan yang berprestasi baik di tingkat daerah masing - masing maupun untuk Indonesia secara keseluruhan” pungkasnya.   

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau Boby Rachmat SSTP MSi dalam sambutannya saat acara pembukaan mengakatan, kegiatan yang dilaksanakan UIR Archery club ini diharapkan akan mampu melahirkan atlet-atlet panahan handal khususnya dari Provinsi Riau, untuk bisa dilakukan pembinaan lebih lanjut.

"Selamat datang kepada para atlet dan official panahan dari berbagai daerah serta provinsi tetangga Riau, venue panahan UIR ini merupakan venue peninggalan PON Riau yang sampai saat ini masih sangat layak dan baik sarana dan prasarana pendukung di dalamnya, selamat bertanding, junjung tinggi sportifitas," ujar Boby, Sabtu (27/8/2022).

Sementara Ketua Panitia Pelaksana UIR Open Archery Cup 2022 Prof Dr Thamrin S SH MHum, menjelaskan dari Lima club di Lima Provinsi tetangga tersebut jumlah Atlet yang terlibat adalah sebanyak 430 orang, kejuaraan ini juga nantinya akan memperebutkan piala bergilir Rektor UIR selain itu pemenang dalam setiap kategori akan mendapatkan tropi serta biaya pembinaan.

Dijelaskannya, terdapat beberapa kategori maupun jenis busur panah yang diperlombakan pada kejuaraan ini, pada tingkat Sekolah Dasar (SD) ada Standar nasional 15 meter dan 20 meter, Barebow 10 meter dan 15 meter, horsebow 10 meter dan 15 meter. Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Standar Nasional 30 meter, Barebow 20 meter, Horsebow 20 meter.

Sekolah Menengah Atas (SMA) terdiri dari empat kategori yaitu Standar Nasional 40 meter, Barebow 30 meter, Horsebow 30 meter, dan Recurve bow 70 meter, Mahasiswa ada tiga kategori yaitu Barebow 30 meter, Horsebow 30 meter, Recurve bow 70 meter. Sedangkan untuk kategori umum sebanyak enam kategori yang diperlombakan yaitu standar nasional 40 meter, Horsebow 30 meter, Recurve bow 70 meter, Compound bow 50 meter, Barebow 50 meter, dan terakhir ada Jemparingan di nomor 30 meter. 

Selain kejuaran panahan UIR OPEN ARCHERY CUP 2022, akan ada beberapa perlombaan serta kejuaraan olahraga lainnya yang akan diselenggarakan demi memeriahkan Milad Universitas Islam Riau yang tidak hanya bisa dinikmati oleh keluarga besar dan seluruh civitas akademika UIR tetapi juga untuk kalangan pelajar serta masyarakat umum. 

"Adapun pertandingan olahraga yang akan diadakan diantaranya Sepak Bola, Futsal, Bola Volly, Badminton, Tenis Meja, Tenis Lapangan, dan Open Turnamen Petanque," turupnya.-dnr/mcr