60 Peserta dan Atlit Nasional Ikuti Turnamen Biliar Seri-3 di Pekanbaru


Selasa, 23 Agustus 2022 - 14:22:48 WIB
60 Peserta dan Atlit Nasional Ikuti Turnamen Biliar Seri-3 di Pekanbaru Kadispora Provinsi Riau Boby Rachmat melakukan Breakshoot pertama pertanda dimulainya turnamen biliar di Kota Pekanbaru/foto:dnr

RIAUIN.COM - Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Provinsi Riau menggelar kejuaraan biliar Pool Circuit 2022 Seri 3 di Arena Pool and Cafe, Jalan Kuantan Raya, Kecamatan Lima Puluh, Kota Pekanbaru, Selasa (23/8/2022).

Kejuaraan ini berlangsung hingga Jum'at, (23/8) yang diikuti 60 atlit di Indonesia dari 14 Provinsi. Kejuaraan ini resmi dibuka oleh  Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Boby Rachmat yang sekaligus melakukan Break Shoot pertama menandai dimulainya turnamen ini.

Kadispora Boby Rachmat mengatakan, pihaknya bersama KONI Provinsi Riau berusaha untuk menggiatkan kembali iven-iven yang telah vakum selama 2 tahun semenjak wabah Covid-19 merebak.

"Kita berharap kepada Cabor-cabor untuk lebih giat melaksanakan iven-iven. Baiknitu Iven regional, nasional, apalagi kita sebentar lagi akan menyongsong Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau dan Cang olah raga biliar termasuk salah satu Cabor yang dipertandingkan," kata Boby.

Ia menyebut, ajang ini merupakan suatu ajang yang baik untuk melaksanakan latihan dan seleksi sehingga dapat dimanfaatkan oleh atlit maupun official.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada PB POBSI yang telah memberikan kepercayaan kepada Kota Pekanbaru untuk melaksanakan iven series ke-3 kejuaraan biliar berskala nasional tersebut.

"Harapan kita, dengan adanya Iven berskala nasional ini ajang bagi atlit. Sejalan dengan hal tersebut, sinergitas kita bersama, kami dari pemerintah daerah, KONI dan Forkopimda mendukung kegiatan ini supaya bisa menjadi ajang prestasi dan ajang silaturahmi bagi para pecinta biliar yang ada di Indonesia dan Provinsi Riau," harapnya.

Wakil Ketua II Binpres Pengurus Besar POBSI Indonesia, Achmad Fadil Nasution menyebut, antusias dari penyelenggara, panitia, Dispora, KONI Riau dan peserta Iven ini sangat luar biasa.

Ia berharap dari pelaksanaan iven ini melahirkan juara-juara baru yang dapat memperbaiki rankingnya dan meraih predikat terbaik nasional.

"Sejauh ini, ini adalah peserta terbanyak pesertanya dari seri yang ada, sebanyak 60 (peserta, red). Sebelumnya di Kendari ada 42 dan 50 di Banjarmasin. Ini suatu pencapaian yang luar biasa, semoga dapat berjalan baik harapannya dan terima kasih dukungan semua pihak," ucapnya.

Ia mengatakan, bagi peserta yang berhasil juara, akan ada apresiasi yang tidak dapat dinilai dengan uang ketika seorang atlit POBSI dinobatkan sebagai rangking 1 nasional pada akhir tahun nanti.

Fadil mangungkap, pada bulan Mei 2023 mendatang akan ada iven biliar berskala internasional yaitu Sea Games di Kamboja dan Asian Indoors pada November nanti di Bangkok, Thailand.

"Targetnya bisa memperbaiki prestasi sebelumnya dimana kita meraih satu perak dua perunggu pada Sea Games 2019 Filipina," tuturnya.

Ia juga bangga karena perkembangan dan antusias dari peserta khususnya Kota Pekanbaru yang cukup meningkat dan diharapkan terus mempertahankan konsistensinya.

"Biliar ini menjadi olah raga masyarakat yang diminati seluruh kalangan yang mana memang biliar ini dapat dimainkan oleh semua jenis usia dan semua profesi," tutupnya.-dnr