2 ABK Tewas Usai Terjebak Dalam Tangki Tongkang di Tembilahan


Jumat, 19 Agustus 2022 - 07:22:12 WIB
2 ABK Tewas Usai Terjebak Dalam Tangki Tongkang di Tembilahan Evakuasi jenazah korban dari tongkan Royal Palma XVIII/Foto: Humas SAR Pekanbaru

RIAUIN.COM - Dua orang meninggal dunia  karena kekurangan oksigen saat terjebak di dalam tangki pelampung kapal tongkang Royal Palma XVIII di Perairan Indragiri, Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Kamis (18/8/2022).

Dua kru tongkang yang meninggal yakni Noperhan dan Eko S. Sementara satu kru lainnya bernama Yuslim Patana selamat dari insiden itu.

Kepala Kantor SAR Pekanbaru, I Nyoman Sidakarya mengatakan, kapal tongkang Royal Palma XVIII bertolak dari Palembang menuju Tembilahan dengan membawa 3 kru. Ketika sampai di perairan Lingga memasuki wilayah Tembilahan, ke 3 kru tersebut melakukan pengecekan tangki pelampung tongkang. Ketiga kru tersebut bernama Noperhan, Yuslim Patana, dan Eko S.

"Mereka mengecek tangki pelampung tongkang, namun pada saat itu ketiganya terjebak di dalam pelampung. Karena kurangnya oksigen, sehingga ketiga kru tersebut berusaha keluar," ujar I Nyoman, Jum'at (19/8/2022).

Dua orang kru berhasil keluar dari tangki pelampung, namun satu kru lainnya masih terjebak di dalam tangki pelampung. 

Kemudian, 1 kru yang berhasil keluar tersebut meninggal dunia diatas tongkang dalam keadaan lemah karena kehabisan oksigen. Sedangkan 1 kru lainnya masih terjebak di dalam tangki dan dapat di evakuasi oleh Tim Rescuer Pos SAR Tembilahan.

"Noperhan dan Yuslim Patana dapat keluar dari dalam tongkang, namun Yuslim berhasil selamat sampai di luar dan Noperhan kehabisan napas dan meninggal dunia. Yuslim setelah keluar dari tongkang keadaan lemah setelah dievakuasi oleh Tim Rescuer Pos SAR Tembilahan dan dibawa ke Puskesmas terdekat, keadaan selamat," katanya.

Dijelaskan I Nyoman, korban Eko S yang terjebak di dalam tongkang berhasil dievakuasi oleh Tim Rescue Pos SAR Tembilahan dalam keadaan meninggal dunia.

"Eko S setelah dievakuasi oleh Tim Rescuer Pos SAR Tembilahan dalam tangki tongkang keadaan dalam meninggal dunia dan dibawa ke RS Pelabuhan," tutupnya.-dnr