Elpiji 3 Kg Langka di Pekanbaru, Ini Penyebabnya


Kamis, 18 Agustus 2022 - 09:06:09 WIB
Elpiji 3 Kg Langka di Pekanbaru, Ini Penyebabnya Ilustrasi/foto: via Bisnis.com

RIAUIN.COM - Warga Kota Pekanbaru mulai mengeluh, karena kesulitan mendapat gas elpiji 3 kilogram (Kg). Berapa tidak, karena sebagian besar warga masih bergantung pada gas elpiji tabung melon tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DPP) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, pendistribusian gas elpiji 3 Kg di Kota Pekanbaru mengalami kendala, sehingga ketersediaan gas subsidi tersebut di sejumlah depot hingga pengecer sejak satu pekan terakhir menjadi berkurang.

"Informasinya ada kendala distribusi. Dari Dumai mungkin, tapi masih akan kami pastikanlah," ujarnya, Selasa (16/8/2022).

Untuk mencukupi kebutuhan gas melon itu, kata dia, DPP telah berkoordinasi dengan Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas).

"Karena memang dari informasi di lapangan, dari agen memang tak ada masuk. Makanya kita coba konfirmasi ke Hiswana," ungkapnya.

Sementara itu guna mengantisipasi lonjakan harga di tengah kurangnya pasokan, Ingot mengingatkan kepada pangkalan untuk tidak mengambil kesempatan dan harus mematuhi Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Kita minta agar dipatuhi ya, dan salurkanlah ini kepada yang berhak seperti pengguna rumah tangga, pelaku UMKM," pesannya.

Selain itu, pihaknya juga mengajak kepada semua pihak untuk sama-sama melakukan pengawasan.

"Kalau nanti ada yang terbukti melanggar HET, ya akan ada sanksinya. Karena itukan ada SK walikota, jadi kalau melanggar pasti akan ada sanksinya," tutupnya.-dnr