Bupati Inhu Inspektur Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-77


Rabu, 17 Agustus 2022 - 21:51:37 WIB
Bupati Inhu Inspektur Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-77 Rezita Meylani Yopi, Bupati Indragiri Hulu.

RIAUIN.COM - Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia tahun 2022 pada 17 Agustus 2022, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu menggelar sejumlah rangkaian kegiatan.

Pada Selasa (16/8/20202) malam sekira pukul 20.00 WIB, bertempat di Gedung Dang Purnama Rengat, Wakil Bupati Indragiri Hulu, Drs H Junaidi Rachmat MSi mengukuhkan 30 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Indragiri Hulu yang akan bertugas pada Upacara Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia tahun 2022 pada 17 Agustus mendatang.
 
Pengukuhan dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Inhu serta sejumlah Kepala OPD, Camat di Lingkungan Pemkab Inhu.

Acara pengukuhan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta dan dilanjutkan dengan pengucapan ikrar Putra Putri Indonesia oleh seluruh calon anggota Paskibraka Kabupaten Indragiri Hulu.

Pengukuhan ditandai dengan pemasangan Kendit dan Penyerahan Sang Merah Putih oleh Wakil Bupati Drs H Junaidi Racmat MSi kepada Nayyara Defana Putri yang didaulat mewakili anggota lain sebagai pemegang Sang Merah Putih.

"Kalian adalah putra-putri yang telah terpilih dan telah mengikuti proses seleksi, pelatihan dan persiapan yang baik. Saya berharap, kalian semua dapat melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya," tutur Wabup Junaidi Racmat saat membacakan pidato Bupati Inhu dalam amanatnya.

Wabup Inhu berpesan kepada seluruh anggota paskibraka untuk terus belajar, mengembangkan sikap dan perilaku yang religius serta mengembangkan jiwa patriotisme sebagai putra-putri Indonesia yang sangat mencintai tanah airnya.

Usai pengukuhan dilanjutkan penandatanganan sebuah papan poster berisikan daftar nama-nama anggota Paskibraka Kabupaten Inhu tahun 2022 oleh Wakil Bupati Inhu Drs H Junaidi Racmat MSi.

Usai melaksanakan pengukuhan pasukan paskibraka Inhu,Pada selasa (16/8/2022) malam sekira pukul 00.00 WIB, Pemkab Inhu menggelar Apel Penghormatan dan Malam Renungan Suci yang dilangsungkan di Makam Pahlawan Indra Bhakti Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat.

Sebagai Inspektur upacara dipimpin oleh Wakil Bupati Inhu Drs H Junaidi Rachmat MSi dan diikuti oleh Ketua DPRD Inhu Elda Suhanura, Dandim 0302 Inhu Letkol Inf Dani P, Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alponsso, Ketua Kejaksaan Negrri Inhu. Selain itu juga diikuti beberapa pleton pasukan diantaranya, pleton ASN, pleton TNI, pleton Polri, pleton Satpol PP.

Apel malam kehormatan dan Renungan suci tersebut merupakan rangkaian acara memperingati HUT RI di lingkungan Pemkab Inhu yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Tepat pada pukul 00.00 WIB semua lampu dimatikan, digantikan dengan menyalakan obor. Selanjutnya inspektur upacara membacakan teks Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

Dalam kesempatan itu Inspektur upacara, Junaidi Rachmat menyampaikan bahwa mereka yang hadir pada Rabu (17/8/2022) pukul 00:00 WIB pada upacara untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan, menyatakan hormat yang sebesar besarnya atas kehiklasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa.

"Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan Jalan Bhakti yang saudara-saudara tempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan yang Maha Esa dan mendapatkan tempat yang layak," ungkapnya

Upacara kehormatan dan renungan suci berjalan dengan lancar dan khidmat tanpa ada hambatan, upacara selesai sekira pukul 00:30 WIB.

Acara ditutup dengan Penghormatan kepada Arwah para Pahlawan, Kemudian semua pleton memberikan Penghormatan terakhir sebelum meninggalkan makam pahlawan.

Kemudian, Bertempat Stadion Narasinga Rengat, Rabu (17/8/2022). Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi bertindak selaku inspektur Upacara pengibaran bendera merah putih memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia Tahun 2022. 

Bertindak selaku perwira upacara yakni Perwira seksi Operasional (Pasi Op) Kodim 0302 Inhu Kapt Inf Bambang Kosasih T, dan bertindak sebagai komandan upacara Kapten Inf Ardiansyah.

Selanjutnya, yang bertindak selaku petugas pengibaran bendera merah putih, diantaranya, pada bagian pengibar yaitu Nazario Andalas siswa SMAN 2 Rengat, Rahmadi Mukti siswa SMKN 1 Batang Peranap dan M Gazza Rabiul Wahid siswa SMAN 2 Rengat Barat. Sedangkan yang bertindak selaku pembawa baki bendera merah putih, Revanita Acomba siswi SMAN 1 Rengat.

Meskipun dilaksanakan secara terbatas dikarenakan pandemi Covid-19, pelaksanaan upacara bendera berjalan lancar dan khidmat. 

Upacara ini juga diikuti oleh para unsur Forkopimda Inhu, Ketua LAMR Inhu Marwan MR, pejabat dan kepala OPD di lingkungan Pemkab Inhu, organisasi masyarakat, NGO, mahasiswa dan pelajar SD, SMPN dan SMA..

Usai upacara hari Kemardekaan RI, dilanjutkan dengan upacara Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka secara Virtual, Rabu (17/8/2022) dari Gedung Sejuta Sungkai.

Tampak hadir bersama Bupati Inhu, Wakil Bupati Inhu Junaidi Rahmat, Ketua DPRD Elda Suhanura, Kapolres AKBP Bachtiar Alponso, Dandim Letkol Kav Dani Prasetyo Wibowo, Kepala Rutan Kelas II B Rengat Abdul Aziz, Kasipidum Kajari Inhu Albert SE SH dan Sekda Inhu Hendrizal.

Diketahui, bertindak sebagai komandan upacara HUT Kemerdekaan ke-77 ini adalah Kol Laut (P) Andike Sry Mutia SSos. Sementara selaku Perwira, Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya.

Upacara diawali dengan kedatangan Presiden RI Joko Widodo beserta istri Ibu Iriana dan Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin beserta istri Ibu Wury Ma'ruf Amin.

Memimpin jalannya upacara HUT Kemerdekaan ke-77 Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana tampak mengenakan pakaian adat asal Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Acara dilanjutkan dengan tembakan meriam sebanyak 17 diikuti sirine. Kemudian, pembacaan teks proklamasi oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, AA Lanyala M Mattalitti  dan pembacaan doa oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Usai rangkaian pengibaran bendera oleh paskibraka, turut ditampilkan flypast pesawat tempur TNI Angkatan Udara. 

Selanjutnya, Pada Rabu (17/8/2022) sekira pukul 16.00 WIB lebih, Wakil Bupati Inhu Junaidi Rachmat menjadi inspektur upacara penurunan bendera pada upacara memperingati HUT Kamardekaan RI sedangkan Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi mengikuti upacara penurunan bendera peringatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia secara daring. - adv