Pemko Jambi Beri Stimulus pada Masyarakat untuk Ikut Partisipasi Kendalikan Inflasi


Rabu, 10 Agustus 2022 - 19:12:48 WIB
Pemko Jambi Beri Stimulus pada Masyarakat untuk Ikut Partisipasi Kendalikan Inflasi Foto: Antara

RIAUIN.COM - Pemerintah Kota Jambi memberikan stimulus kepada masyarakat  di daerah tersebut untuk berpartisipasi dalam pengendalian inflasi dengan memanfaatkan perkarangan menjadi lahan pertanian sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

Wakil Walikota Jambi HM Maulana di Jambi, Rabu (10/9), mengatakan stimulus tersebut diberikan Pemerintah Kota melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi dengan memberikan bantuan 2.567 tanaman cabai dalam "polibag" dan bantuan 20 unit rak hidroponik kepada masyarakat di 16 kelurahan di Kota Jambi.

"Ini hanya bersifat stimulus masyarakat Kota Jambi  diberikan 2.567 bibit cabai ini  diharapkan bisa menjadi contoh yang kemudian secara mandiri masyarakat bisa mengembangkan di perkarangan  rumah masing-masing," kata Maulana.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS)  Provinsi Jambi, pada Juli 2022, Kota Jambi mengalami inflasi sebesar 1,30 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 115,52 . Komoditas cabai merah  menjadi komoditas penyumbang terbesar inflasi di Kota Jambi pada Juli 2022 yakni sebesar 1,04 persen diikuti bawang merah dan cabai rawit.

"Penyumbang inflasi paling besar di Kota Jambi masih dari bahan pangan salah satunya cabai karena tidak seimbangnya suplay dan demand," sebutnya dikutip dari antara.

Oleh karena itu, kata dia, penting di Kota Jambi untuk dikembangkan "urban farming" yaitu pertanian berbasis di perkotaan atau di daerah urban. Menurutnya ini dilakukan mengingat lahan di Kota Jambi yang terbatas. 

"Bagaimana perkarangan rumah yang kecil bisa memberikan manfaat untuk memenuhi kebutuhan pangan minimal memenuhi kebutuhan keluarga," terangnya.

Dia menyebutkan, saat ini di beberapa wilayah di Kota Jambi sudah bermunculan kelompok-kelompok swadaya masyarakat yang memanfaatkan perkarangan untuk bidang pertanian. 

"Lurah bisa ajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan nganggur, jika butuh bimbingan bisa panggil penyuluh pertanian," jelasnya.

Plt Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi, Moncar Widaryanto, mengatakan, stimulus yang diberikan dengan pemberian cabai dalam polibag dan rak hidroponik ini dapat memotivasi masyarakat untuk bisa memanfaatkan lahan perkotaan.

"Kita tidak memiliki lahan besar, salah satu upaya pemerintah untuk menekan inflasi harga cabai salah satunya dari dinas terkait memberikan motivasi dan rangsangan kepada masyarakat bisa menanam cabai secara mandiri," pungkas Moncar. (*)