Paripurna Istimewa HUT Ke-65 Provinsi Riau Dihadiri Tiga Mantan Gubernur


Selasa, 09 Agustus 2022 - 22:07:02 WIB
Paripurna Istimewa HUT Ke-65 Provinsi Riau Dihadiri Tiga Mantan Gubernur Suasana Sidang Paripurna Istimewa HUT Ke-65 Provinsi Riau, Selasa (9/8/2022) di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Riau. | Foto : ovie

RIAUIN.COM - Sidang Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Riau dalam agenda peringatan Hari Ulang Tahun ke-65 Provinsi Riau berlangsung khidmat dan meriah, Selasa (9/8/2022) di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Riau. Tiga mantan Gubernur Riau, H Saleh Djasit, HM Rusli Zainal dan H Wan Abubakar, tampak hadir di tengah para undangan.  

Peringatan HUT Provinsi Riau kali ini merupakan yang pertama dihadiri mantan Gubernur Riau dua periode, Rusli Zainal, setelah tidak lagi menjabat sebagai orang nomor satu di Riau. Kehadiran gubernur fenomenal ini tak luput dari perhatian seluruh yang hadir pada acara tersebut. 

Bak rindu yang terpendam, usai acara RZ di dampingi istri, Hj Septina Primawati Rusli tertahan di ruang sidang paripurna. Pasalnya, mereka harus melayani masyarakat, terutama emak-emak yang mengajak berfoto bersama. 

Bukan saja anggota DPRD Riau, tetamu yang hadir juga ikut menghampiri tokoh kharismatik ini untuk minta mengabadikan momen kebersamaan. RZ yang menggunakan baju melayu berwarna hitam itu tampak tetap menunjukkan senyum khasnya.  

Mantan Gubernur Riau, HM Rusli Zainal dan istri Hj Septina Primawati Rusli yang juga anggota DPRD Riau usai Sidang Paripurna Istimewa HUT Ke-65 Provinsi Riau.

Sebelumnya, rapat paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Provinsi Riau, Yulisman dan para wakil ketua serta dihadiri Gubernur Riau, Syamsuar, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Forkopimda Riau serta undangan lainnya.

Mengawali rapat tersebut, Ketua DPRD Provinsi Riau, Yulisman  menyampaikan, peringatan Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau ditetapkan tanggal 9 Agustus 1957 berdasarkan Undang-Undang Darurat Nomor 19 Tahun 1957 tentang Pembentukan Daerah-daerah Tingkat Satu Sumatera Barat, Jambi dan Riau, Lembaran Negara Tahun 1957 Nomor 75 sebagai undang-undang. Dan telah di tetapkan pula sebagai Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2022 tentang Provinsi Riau. 

"Para pejuang itu dulu bertungkus lumus tak kenal waktu dan masa, bahkan mengorbankan jiwa dan bahkan sanak keluarga, demi terwujudnya Provinsi Riau yang kita cintai. Sungguh besar jasa pejuang Provinsi Riau, ucapkan terima kasih yang tiada terhingga, jasa mereka jangan pernah kita lupakan," katanya.

Sempena HUT ke-65 Provinsi Riau, Yulisman mengajak masyarakat Riau untuk senantiasa bersama serta bekerja keras, demi kemajuan Provinsi Riau. Untuk itu, pihaknya mendukung program serta mengawal semua proses pembangunan yang sudah terlaksana agar hal tersebut (pembangunan) dapat dirasakan dan di nikmati oleh masyarakat.

Pada kesempatan itu, Menteri Dalam Negeri Tito Kanarvian yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik Kemendagri RI, Tumpak Haposan Simanjuntak turut hadir secara virtual. Terkait pertumbuhan ekonomi Riau, Pemerintah Pusat menilai sudah mendekati rata-rata nasional, yaitu 4,8 persen tahun 2022. Selanjutnya, adanya penurunan tingkat kemiskinan sebanyak 0,12 persen dibandingkan tahun lalu. Dan juga angka stunting turun 2,7 persen di banding tahun lalu.

Staf Ahli Kemendagri RI ini menyebutkan, dari beberapa variabel tadi, itu menjadi refleksi dari keberhasilan Pemprov Riau dan DPRD Riau dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. 

Sementara itu, Gubernur Riau H Syamsuar memberi apresiasi dan ucapan terima kasih ini atas dukungan masyarakat Riau ikut merayakan HUT ke-65 Provinsi Riau.

"Kemarin kami (Pemprov Riau, red) mengadakan senam dan juga festival layang-layang. Kegiatan itu sangat di sambut antusias oleh masyarakat. Dan artinya masyarakat sangat menunggu kehadiran kegiatan seperti ini," ujar Gubri.

Dalam kesempatan tersebut Syamsuar menyinggung segi ekonomi Provinsi Riau yang dinilai juga cukup baik. Pihaknya mengajak masyarakat untuk bersama mempertahankan hal tersebut.

"Mari kita pertahankan ini, suasana kebersamaan agar hal- hal terbaik ini bisa pertahankan," ujarnya. -vie