81 Nakes di Pekanbaru Divaksin Booster Kedua, Ribuan Menyusul


Selasa, 09 Agustus 2022 - 09:42:33 WIB
81 Nakes di Pekanbaru Divaksin Booster Kedua, Ribuan Menyusul Ilustrasi/foto:via mcr

RIAUIN.COM - Sebanyak 81 Tenaga Kesehatan (Nakes) menerima vaksinasi dosis keempat (booster kedua). Nakes yang menerima vaksin booster kedua ini bertugas di sejumlah Puskesmas di Kota Pekanbaru.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, khusus di Pekanbaru, ada ribuan Nakes yang menjadi sasaran penerima vaksin.

"Mulai kemarin sudah kita vaksin, sudah 81 orang. Vaksin nya di Puskesmas dan rumah sakit," ujar Zaini Rizaldy Saragih, Senin (8/8/2022).

Menurutnya, saat ini salah satu kendala dalam proses vaksinasi dosis empat adalah terkait ketersediaan vaksin yang terbatas. Apalagi untuk suntik dosis keempat ini harus disesuaikan jenisnya dengan suntik vaksin dosis tiga.

"Vaksinnya itu kan yang di pakai suntik dosis tiga kemarin jenis moderna, sementara untuk stok vaksin moderna kita terbatas," ulasnya.

Pihaknya telah meminta tambahan dosis vaksin yang dibutuhkan ke pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Riau. Zaini mengaku vaksin tersebut masih dalam pengiriman.

Dinas kesehatan harus menanti dosis tambahan sampai ke Kota Pekanbaru, dan kemudian baru bisa dilakukan vaksinasi lanjutan. Dirinya pun mengaku belum mendapat suntikan dosis empat karena keterbatasan vaksin.

"Sebenarnya yang prioritas (pemberian vaksin) kan untuk booster (suntik dosis tiga) ke masyarakat umum. Baru kemudian untuk nakes suntik dosis empat," tutupnya.-dnr