Tingkatkan Nilai Budaya, Kelompok Tari Talang Mamak di Inhu Gelar Lokakarya


Senin, 08 Agustus 2022 - 21:51:00 WIB
Tingkatkan Nilai Budaya, Kelompok Tari Talang Mamak di Inhu Gelar Lokakarya Lokakarya Kelompok Tari Talang Mamak/foto:gus

RIAUIN.COM- Dalam rangka mendukung program kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kelompok Tari Pengrajin Talang Mamak Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu menggelar lokakarya Tarian dan Budaya Talang Mamak, di Hotel Miki Mutiara, Belilas.

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari yang dimulai pada Senin, (8/8/2022). Sebagai narasumber lokakarya tersebut dihadiri Mantan Kepala Bidang Kebudayaan Diknas Inhu dan Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Inhu.

Pimpinan Talang Mamak, Patih Majuan berharap lokakarya Tarian dan Budaya  Talang Mamak ini dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan budaya talang mamak terus dijaga dan dibina serta dilestarikan

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hulu yang diwakili Kepala Bidang Kebudayaan, Yurlisman mengatakan, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu sangat mendukung kegiatan lokakarya Tarian dan Budaya Talang Mamak.

"Kita sangat mendukung lokakarya ini kerena telah mengangkat nilai-nilai kebudayaan khususnya talang mamak ," kata Yurlisman.

Menurutnya, dalam rangka mendukung kebudayaan di kab Inhu,Pemkab Inhu sudah memiliki pokok-pokok pikiran Kebudayaan  Daerah (PPKD) dan Peraturan Daerah (Perda) tentang cagar budaya.

Sementara itu, Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Indragiri Hulu menjelaskan, setelah lokakarya ini dilaksanakan, dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan selama 1 bulan.

"Untuk tahun 2022 ini, ada 2 kelompok binaan organisasi Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Inhu yang akan menggelar kegiatan lokakarya," kata Gilung didampingi Advokasi Aman Inhu, Ibrahim. -Gus