Galeri Foto

Dinsos Sosilaisasi Daftar Online Siperjake 


Ahad, 07 Agustus 2022 - 10:54:43 WIB
Dinsos Sosilaisasi Daftar Online Siperjake 

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sosialisasi inovasi kemudahan pelayanan publik melalui Siperjake (Sistem Pendaftaran Jaminan Kesehatan). Program berbasis teknologi ini memudahkan masyarakat untuk mendaftar menjadi peserta jaminan kesehatan BPJS PBI, hanya dengan mengisi google form. 

Kepala Dinsos Inhil, Dra Hj Djamilah MH, Jumat (5/8/2022) mengatakan, hanya dengan mengisi form tersebut, masyarakat yang kurang mampu tidak perlu datang ke Kantor Dinas Sosial untuk mendaftarkan diri memperoleh jaminan kesehatan berupa BPJS PBI. 

"Dengan mengisi form tersebut, masyarakat yang kurang mampu tidak perlu datang ke Kantor Dinas Sosial untuk mendaftarkan diri memperoleh jaminan kesehatan berupa BPJS PBI," ujar Djamilah saat ditemui di ruang kerjanya.

Dijelaskannya, selama ini pendaftaran BPJS masih berbasis manual, masyarakat kurang mampu harus datang ke Dinas Sosial dengan mendaftarkan diri atau keluarganya. 

"Bagi masyarakat kurang mampu yang jauh dari Tembilahan tentunya akan merasa berat, karena harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk menempuh perjalanan ke Dinas Sosial," terang Djamilah.

Oleh karena itu, melalui Siperjake masyarakat yang kurang mampu bisa meminta bantuan ke Pemerintah Desa/Kelurahan untuk melakukan input pendaftaran BPJS apabila masyarakat tersebut tidak memiliki perangkat handphone android.

"Jadi, dengan adanya inovasi Siperjake diharapkan dapat memberi kemudahan pelayanan publik Dinas Sosial Kabupaten Indragiri Hilir," kata Mantan Kepala BKAD Inhil ini.

Sebelumnya, setelah diluncurkannya inovasi tersebut, Kepala Dinsos Inhil langsung memberikan arahan ke seluruh stafnya agar membantu menyosialisasikan Siperkaje ke masyarakat, baik secara formal maupun non formal. 

"Masyarakat khususnya yang tidak mampu harus mengetahui inovasi ini, sehingga mereka yang jauh dari Kota Tembilahan dapat mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS PBI tanpa harus jauh-jauh dari daerah datang ke Dinas Sosial," tuturnya.

Selain itu, sosialisasi Siperjake juga dilakukan pada Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) beberapa waktu yang lalu. 

Terakhir, Djamilah juga mengintruksikan kepada seluruh TKSK Kecamatan dan SDM Pendamping PKH yang berasal dari seluruh kecamatan agar turut serta menyebarluaskan Siperjake Dinas Sosial ini. Bahkan, meminta untuk membantu menginput data masyarakat kurang mampu tersebut. ***