Antisipasi Karhutla, Polsek Payung Sekaki Pantau 23 Titik Kanal dan 6 Embung


Ahad, 07 Agustus 2022 - 09:03:33 WIB
Antisipasi Karhutla, Polsek Payung Sekaki Pantau 23 Titik Kanal dan 6 Embung Kapolsek Payung Sekaki AKP Nursyafniati didampingi Bhabinkamtibmas mengecek embung/foto:Humas Polsek Payung Sekaki

RIAUIN.COM - Guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Polsek Payung Sekaki melakukan pemantauan dan pengecekan sejumlah embung (kolam), kanal dan aliran Sungai Air Hitam, di Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Sabtu (6/8/2022) siang.

Dipimpin Kapolsek Payung Sekaki, AKP Nursyafniati, Tim mendatangi lokasi pada pukul 09.00 WIB yang melibatkan Bhabinkamtibmas Tirta Siak, Air Hitam, Bandar Raya dan Kelurahan Tampan.

"Boleh dikatakan hampir separuh wilayah Kecamatan Payung Sekaki adalah hutan dan semak. Tentu ini menjadi kerawanan terjadinya Karhutla, sudah menjadi kewajiban kita semua untuk menjaga langit Kota Pekanbaru ini tetap biru," tegas Nursyafniati, Minggu (7/8/2022).

Dijelaskannya, dalam giat kali ini terdapat 23 titik sekat kanal pada tiga Kelurahan di Payung Sekaki yang dilakukan pemantauan bersama tim.

"Sebanyak 16 titik berada di Kelurahan Air Hitam tepatnya di Jalan Riau Baru dan Riau Ujung, 4 titik berada di Kelurahan Tampan yakni di Jalan Pemuda Ujung dan 3 Titik di Kelurahan Tirtasia," ujarnya.

Selain itu, Kata Nursyafniati, terdapat 6 titik embung yang tak luput dipantau kemarin. Embung-embung tersebut dialiri air dari Sungai Sibam dan Sungai Hitam.

"Satu embung di Kelurahan Bandar Raya, 2 embung di Kelurahan Air Hitam, 1 embung di Kelurahan Tampan, dan 2 embung di Kelurahan Tirta Siak. Ini tentu dapat membantu stok air apabila ketersediaan air pada embung mulai berkurang bahkan kering pada saat musim kemarau," tutup Nursyafniati.

Selain memantau kanal dan embung, pihaknya juga mengecek peralatan dan perlengkapan yang diperlukan untuk menangani Karhutla, seperti mesin ministrek dan mesin sibahura.-dnr