Diterjang Longsor, 15 Rumah Warga Simpang Tiga-Inhil Terjun ke Sungai


Senin, 01 Agustus 2022 - 10:01:32 WIB
Diterjang Longsor, 15 Rumah Warga Simpang Tiga-Inhil Terjun ke Sungai Kondisi rumah warga yang terkenal longsor di Enok, Inhil/foto:via Facebook

RIAUIN.COM - Sebanyak 15 rumah milik warga di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau terjun ke sungai akibat diterjang longsor, Minggu (31/7/2022) siang sekitar pukul 11.30 WIB.

Meski tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian yang diderita pemilik rumah tak sedikit. Pasalnya, barang-barang berharga milik korban hanyut terbawa arus. 

Kapolsek Enok Iptu Buha R Munthe ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian itu. 

"Benar, tidak ada korban jiwa, saat ini para korban diungsikan sementara ke posko dan rumah sanak saudara," ujarnya

Dijelaskan Kapolsek, kejadian berawal pada Minggu siang, saat tanah mulai bergerak, Kades Simpang Tiga, Ilyas langsung memerintahkan warganya untuk keluar rumah.

"Karena memang rumah kades yang pertama kali mengalami longsor. Pada saat itu juga, tanah mulai bergerak pelan-pelan kearah sungai, selang setengah jam kemudian beberapa rumah warga terseret dan ambruk," ungkapnya.

Kelima belas warga yang rumahnya hanyut itu adalah M. Ajis (70), Juraidah (50), Juhri (56), Ilyas (46), M. Haris (38), Jufri (51), Mak Ati (68), Rubiati (67), Makmur (40), Jais (50), Alm Dungkil (65) rumah dalam keadaan kosong. 

Selanjutnya, Rasidi (50), Yudi (24), Kadir (40) dan Yakup (66).

Disebut Buah, dugaan awal musibah tanah longsor disebabkan oleh abrasi, hal ini menyebabkan sejumlah rumah warga yang berada di pinggir sungai mengalami longsor.

"Air sungai pada saat kejadian dalam kondisi surut," jelasnya.

Saat ini pihak kecamatan, personel Polsek Enok dan aparat Desa Simpang Tiga serta masyarakat setempat sedang mengevakuasi barang-barang berharga yang masih tertinggal di dalam rumah.

"Kami juga membuat Posko Bencana Longsor, sedangkan terhadap warga pemilik rumah yang mengalami musibah tanah longsor ditempatkan di rumah kerabat dan rumah warga  yang jauh dari longsor," tutupnya.-dnr