Diduga Tidak Transparan, Timsel Calon Anggota Bawaslu Riau Akan Digugat ke PTUN


Rabu, 27 Juli 2022 - 15:06:16 WIB
Diduga Tidak Transparan, Timsel Calon Anggota Bawaslu Riau Akan Digugat ke PTUN Ilustrasi logo Bawaslu/foto:internet

RIAUIN.COM - Beredar kabar sejumlah peserta yang dinyatakan tidak lulus oleh Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Bawaslu Provinsi Riau tahun 2022 akan menggugat keputusan Nomor 33/Timsel-Riau/3-VII/2022 tersebut ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN).

Kuasa Hukum yang mewakili sejumlah peserta yang dinyatakan tidak lulus, Ramzi Durin SH MH saat dikonfirmasi membenarkan rencana gugatan itu. Ia mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang menyiapkan materi gugatan ke PTUN.

Materi gugatan tersebut menurutnya, berkaitan dengan hasil CAT Esay. Ia memaparkan bahwa peserta yang nilai lebih tinggi tidak diloloskan oleh Timsel. Bahkan sebaliknya kata Ramzi, peserta yang memperoleh nilai rendah dibawah 20 diluluskan.

"Kita minta Timsel transparan, karena peserta telah mempersiapkan persyaratan adiministasi yang begitu banyak dan sulit. Nggak diberitahu apa alasannya ketidaklulusannya," ujar Ramzi melalui keterangan tertulis yang diterima pada Rabu, (27/7/2022) siang.

Menurutnya, Timsel juga harus menjelaskan item apa saja yg menjadi akumulasi penilaian.

"Apakah makalah yg dipersiapkan peserta tidak termasuk yang dinilai? Beberapa Pansel provinsi lain baru mengharuskan makalah setelah tes tertulis dan psikologi. Ini menunjukkan ketidak pahaman Pansel tentang proses seleksi," tegasnya.

Dipaparkan Ramzi, setelah tes tertulis dan psikologi selesai, proses selanjutnya langsung lanjut ke tahapan tes kesehatan.

"Ini artinya tidak memberi jeda untuk memberikan masukan kepada Pansel jika peserta lain yg tidak lolos," sebutnya.

Terpisah, salah seorang peserta tes tertulis dan psikologi yang tidak lolos ke tahapan selanjutnya yang berhasil di konfirmasi menilai keputusan itu sangat janggal dan ada dugaan kecurangan.

Mantan Anggota KPU Kota Pekanbaru 2008-2014, Neni Astuti SPi, MSi itu menyebut, dalam surat pengumuman Nomor 33/Timsel-Riau/3-VII/2022 itu hanya mengumumkan nama-nama peserta yang lolos ke tahap selanjutnya tanpa mencantumkan nilai seluruh peserta yang ikut seleksi tes tertulis dan psikotes.

"Tentu orang banyak bertanya terkait keputusan itu. Saat ini keterbukaan informasi publik sangat dikedepankan,  misalkan pengumuman CPNS saja sudah sangat transparan dengan mengumumkan nilai seluruh peserta yang ikut seleksi," ujarnya melalui keterangan tertulis.

Menurut dia, seharusnya Timsel Bawaslu Riau sebagai tim yang akan memilih anggota lembaga penegak demokrasi di Indonesia, lebih transparan dan terbuka terkait nilai seluruh peserta seleksi.

"Karena beliau (Timsel, red) merekrut penyelenggara yang akan menseleksi calon pemimpin kita ke depan. Atau jika ada kebijakan Timsel terkait keputusan yang diambil bukan berdasarkan nilai sebaiknya tidak usah saja dilaksanakan tes CAT Essay dan psikotes, karena tidak berkorelasi dengan hasil seleksi," tegasnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Timsel Bawaslu Riau, Dr Muhammad Syafi'i, SPd, MSi saat dikonfirmasi menyebut Timsel sudah bekerja sesuai dengan aturan dan panduan teknis dari Bawaslu RI.

"Alhamdulillah, Timsel Bawaslu Riau sudah bekerja sesuai dengan aturan dan panduan teknis dari Bawaslu RI, terimakasih," tulisnya.

Untuk diketahui, Timsel telah mengumumkan nama-nama peserta calon anggota Bawaslu Riau yang lulus seleksi Tes Tertulis dan Tes Psikologi pada Senin, (25/7/2022) lalu di website Bawaslu Riau.

Adapun dua belas nama yang dinyatakan lolos ke tahap wawancara adalah adalah Alnofrizal, SE, M Ikam, Yasrif Yakub Tambusai, SH, MH, M Hary Rubianto, SSos MH, Indra Khalid Nasution, SH, MH, Fitri Heriyanti, SIP, MSi, CMe, Elfendri, ST, M Eng, Nanang Wartono, SH, MH Satrio Wicaksono, SH, Hasan, MSi, Salmon Daliyoto, SIP Jamaluddin, SKM, MH dan Amiruddin Sijaya, S Pd, MM.

Selanjutnya, 12 calon anggota Bawaslu Riau itu mengikuti Tes Kesehatan pada 26 Juli 2022 kemarin yang bertempat di Aula RS Bayangkara TK III, Pekanbaru, Jalan Jenderal Sudirman.

Setelah itu, mereka akan mengikuti tes wawancara pada tanggal 28-29 Juli 2022, pukul 15.00- selesai bertempat di Hotel Royal Asnoff, Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru.-dnr