Idul Adha di Pasaman, Potong Hewan Kurban 1.446 Sapi, 157 Kambing, 8 Kerbau


Selasa, 12 Juli 2022 - 09:08:44 WIB
Idul Adha di Pasaman, Potong Hewan Kurban 1.446 Sapi, 157 Kambing, 8 Kerbau Pemotongan hewan kurban di Kabupaten Pasaman. F: Istimewa

RIAUINCOM - Kendati wabah PMK (penyakit mulut dan kuku) tengah melanda binatang-binatang ternak di Indonesia, tapi tidak menyurutkan minat umat muslim di Kabupaten Pasaman untuk berkurban. 

Buktinya, dalam pelaksanaan ibadah kurban tahun ini justru mengalami peningkatan 
dibandingkan tahun lalu, terutama dari jumlah hewan yang dikurbankan.

Ketua I PHBI (Panitia Hari Besar Islam) Kabupaten Pasaman Sulpan Amri SAg menjelaskan, kalau pada Idul Adha tahun ini tercatat sebanyak 157 ekor kambing, 1.446 ekor sapi, dan 8 ekor kerbau. Sedangkan pada tahun lalu 90 ekor kambing, 1.112 ekor sapi dan 12 ekor kerbau.

"Terjadi peningkatan jumlah hewan kurban, yaitu sebanyak 67 ekor dari jenis kambing dan 334 ekor dari jenis sapi," ujar Sulpan yang juga Pelaksana Tugas Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman saat menyampaikan laporan dalam kegiatan pelaksanaan shalat Idul Adha 1433 Hijriyah tingkat Kabupaten Pasaman yang dipusatkan di Masjid Agung AlMutaqin Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman.

Merujuk laporan para Kepala KUA (Kantor Urusan Agama) se-Kabupaten Pasaman, sampai posisi Minggu (10/7/2022), menurut Sulpan, dari 12 kecamatan di Kabupaten Pasaman, jumlah hewan kurban tahun ini terbanyak tercatat di Lubuk Sikaping, yaitu 7 ekor kambing dan 245 ekor sapi. 

Sementara yang terendah adalah Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, yaitu 3 ekor kambing, dan 20 ekor sapi.

Pada kesempatan yang sama, Sulpan juga melaporkan sisa kas PHBI Pasaman 
pada saat shalat Idul Fitri 1443 H/2022 M yang lalu adalah sebesar Rp119.000, infak Idul Fitri pada waktu yang sama sebanyak Rp9.002.000, 
sehingga jumlah kas tercatat sebanyak Rp9.121.400.

Sementara untuk pengeluaran, menurut Sulpan, antara lain untuk biaya shalat Idul Fitri 1143 H/2022 M, penyerahan infak untuk Masjid AlMuttaqin Rp1,2 juta, pembelian alat pengeras suara Rp750.000, dan lainnya. 

"Sehingga sisa kas PHBI Pasaman tercatat sebanyak 441.400," terang Sulpan lagi.

Sulpan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Pasaman dan jajarannya yang telah memberi perhatian yang cukup untuk kegiatankegiatan yang dilakukan PHBI Pasaman. 

"Terimakasih tidak terhingga juga kami sampaikan kepada kaum muslimin di Pasaman yang telah berpartisipasi penuh memberikan dukungan terhadap PHBI Pasaman," ungkap Sulpan.

Shalat Idul Adha itu sendiri dihadiri oleh Bupati Pasaman Benny Utama, Wakil Bupati Pasaman Sabar AS dan sejumlah unsur Forkopimda Pasaman lainnya. 

Shalat tersebut diikuti ratusan jemaah, yang dilaksanakan dalam kondisi cuaca yang cukup cerah.

Yang bertindak selaku khatib dalam shalat Idul Adha tingkat Kabupaten Pasaman itu adalah Ustadz H Nasbin Panyahatan Lc MA, yang sehari-hari 
menjabat sebagai Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten Pasaman.
Sementara yang menjadi imam adalah Hamdi Saputra Lc MA AL Hafidz, yang 
sehari-hari guru tahfidz Qur'an Pasaman Islamic Centre Kabupaten Pasman.- rls